Gisman : Transferan Dana, Upaya Tunjang Sarana Prasarana Nelayan dan Penjual Ikan

Majene, – Upaya pemberdayaan masyarakat kabupaten Majene, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi perhatian khusus OPD terkait. Mengingat banyak masyarakat Majene yang menggantungkan nasib hidupnya dari hasil laut atau bahasa mudahnya bekerja sebagai seorang nelayan. Kendati demikian, sangat penting pengadaan sarana prasarana dan perhatian khusus bagi para nelayan dan penjual ikan, agar tetap dapat beroperasi dengan normal.

Untuk memenuhi itu, Bidang Sarana dan Prasarana Penangkapan Ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Majene, Gisman, S.Pi, menyampaikan pentingnya transferan dana anggaran, baik alokasi dari Provinsi maupun Kabupaten untuk pemenuhan sarana dan prasarana, khususnya bagi para nelayan dan penjual ikan. Hal itu diungkapkan kepada reportase mediasulbar.com, saat ditemui di ruang kerjanya, pada hari Kamis, 10 Maret 2022.

“Yang menjadi program inti dari Bidang ini lebih terkhusus pada sarana dan prasarana, yang berhubungan dengan penangkapan ikan. Sebenarnya kita sangat terkendala dengan pengadaan sarana prasarana pada bidang ini karena kekurangan anggaran, karena sesuai dengan Permendagri kita tidak bisa mendapatkan anggaran kalau Bidang ini tidak dirubah. Tetapi kami berharap semoga sarana dan prasarana dapat terus berlanjut, dan transferan dana dari pusat dapat berlanjut dan anggaran bertambah sebagai langkah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Gisman.

Lebih lanjut, Gisman juga menyinggung soal sarana prasarana Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Battayang, Kecamatan Banggae, Majene. Menurutnya, TPI di Battayang sarana semakin tidak memadai dan dinilai semakin menurun.

“Kita berharap ada kerjasama yang baik dengan DKP Provinsi, saya dengar informasi terakhir bahwa Provinsi sudah upayakan ada anggaran untuk pengadaan fisik, jelas ketika ada sarana fisik di sana kita akan lebih mudah mengelola TPI tersebut, paling tidak dapat bertahan lama, dan kita dapat memberikan sarana penunjangnya,” bebernya.

Ia berharap agar sarana tersebut dapat segera diperbaiki, terutama adanya transferan dana dari Provinsi Sulawesi Barat, sehingga penjual ikan di TPI Battayang dapat berjualan dengan lancar dan menempati tempat yang sudah disediakan.***(MS.05/B)

Penulis Budi Pratama

Editor Aco Antara

Produksi by mediasulbar

Rubrik Khusus Adverdtorial Dipersembahkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Majene

 

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button