Soal Takbir Keliling, Camat Malunda Tetap Merujuk Keputusan PHBI

Malunda – Berdasarkan Hasil keputusan rapat Pengurus Hari Besar Islam, ( PHBI ) kec. Malunda, kab Majene , Sulbar, Selasa, 22 Maret 2022 atau 19 shakban 1443 H, Camat Malunda, Salahuddin, menyampaikan perihal tersebut dengan merujuk hasil keputusan rapat pengurus PHBI kecamatan, tentang Penyambutan kegiatan amaliah ramadhan se kecamatan Malunda.

Beberapa poin kesepakatan tersebut diantaranya :

1. masyarakat Malunda mengusulkan untuk takbiran dalam bentuk PAWAI jalan kaki dengan pakaian berwarna putih, pada jam 20.00 – 22.00 WITA, yang selanjutnya terbagi dalam dua lokasi yang berbeda.
*PERTAMA*, Takbir tingkat kecamatan hanya dilaksanakan di kelurahan Lamungan batu dan kelurahan Malunda. *KEDUA*, takbir tingkat desa hanya dilaksanakan di desa masing masing yang pesertanya diatur sendiri oleh pemerintah desa.

Selain itu, Camat Malunda, Salahuddin sangat menyambut baik jika ada masukan dari warga soal rencana kegiatan takbir akbar atau takbir keliling, akan tetapi, menurutnya, belum ada pembicaraan tentang hal itu hingga saat ini.

“Makanya ini, kita akan sampaikan hasil keputusan rapat pengurus PHBI kepada seluruh masyarakat agar tidak ada miskomunikasi atau kesalahpahaman tentang kegiatan amaliah ramadhan di wilayah kec.malunda”Ungkapnya kepada mediasulbar.com. saat ditemui diruang kerjanya, Senin 18 April 2022.

Salahuddin selaku camat Malunda, ikut prihatin dengan tidak adanya takbir keliling selama tiga tahun terakhir. Sejumlah warga menilai hal itu adalah merupakan bagian dari syiar Islam, atau Amaliah ramadhan. akan tetapi, camat kembali menegaskan bahwa hal tersebut masih menunggu petunjuk dari semua pihak terkait. Karena saat ini, kita juga masih dalam suasana pandemi Covid.

“Terkait hal itu, kita juga masih perlu melihat perkembangan di masyarakat. Yang jelasnya kita akan sampaikan lebih lanjut.”Ucapnya kepada mediaSulbar.com.

*Adapun hasil keputusan rapat PHBI tentang shalat idul fitri antara lain.* :
1. Pelaksanaan shalat idul Fitri di tingkat kecamatan Malunda, akan bertempat di lapangan Tasinara Malunda, yang jamaahnya adalah seluruh pegawai Tripika kecamatan, UPTD, serta seluruh warga dari empat lingkungan akan ikut bergabung ke lapangan Tasinara, Diantaranya, lingkungan Tasende, Tammaende, lingk. Kalorang, serta lingk. kayucolo.

Sementara itu, untuk pelaksanaan shalat idul Fitri di tingkat desa akan bertempat di masjid desa masing masing, yang pengaturan jamaahnya juga akan diserahkan ke pemerintah desa untuk mengaturnya.

Sejumlah pengurus PHBI kecamatan Malunda dijadwalkan akan mengisi acara shalat idul Fitri dilapangan Tasinara Malunda antara lain adalah :
– Pemimpin takbiran ( ketua PHBI )
– MC atau pembawa acara ( Syarifuddin Zain,S.PdI )
– Pengantar shalat idul Fitri ( Jalaluddin,S.PdI )
– Imam shalat ( Muslimin.S.Ag )
– Materi khutbah ( kepala KUA kec Malunda, Burhanuddin.S.Ag ).**(MS.04/B)

Penulis Budi Bento

Editor Aco Antara

Produksi by media Sulbar.com

Rubrik Khusus Advedtorial Dipersembahkan Pemerintah Kecamatan Malunda

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button