Berkah Mudik untuk Daerah

Jakarta – Presiden Joko Widodo memprediksi jumlah pemudik pada perayaan Idul Fitri 1443 H mencapai 85 juta orang. “Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan 85 juta orang. Dari Jabodetabek diperkirakan 14 juta orang. Yang akan menggunakan kendaraan pribadi 47 persen,” kata Jokowi dalam pernyataan resmi yang diunggah kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4).

Kebijakan mudik tahun ini dilonggarkan karena data menunjukkan penyebaran Covid-19 terkendali. Hal ini berbeda dari dua tahun sebelumnya yang melarang warga untuk mudik. Pemerintah memberi syarat pemudik bebas mudik jika sudah mendapat vaksin booster atau suntikan vaksin ketiga. Untuk warga yang baru vaksin dua kali wajib menunjukkan hasil negative tes antigen atau PCR. Untuk yang baru vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negative tes PCR.

Hasil Survei peningkatan mudik lebaran 2022 oleh Kementerian Perhubungan menyebut Provinsi Jawa Tengah menjadi tujuan mudik terbesar. Diperkirakan terdapat 21,3 juta orang yang akan mudik ke Jawa Tengah. Disusul Jawa Timur dengan prediksi pemudik mencapai 14,9 juta.

Jalan bebas hambatan di Sumatera atau TransSumatera yang membentang dari Pelabuhan Bakauheni di Lampung hingga Palembang Sumatera Selatan turut menambah animo warga Palembang dan sekitarnya untuk mudik. Diperkirakan Sumatera Selatan akan kedatangan pemudik sebanyak 1,3 juta orang.

Pergerakan warga pada Lebaran 2022 dipastikan akan mengerek perekonomian daerah. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebut mudik akan mengerek perekonomian daerah  tujuan mudik. Angkanya bisa mencapai 20 hingga 25 persen. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit setelah dua tahun pemerintah melarang mudik.

Aliran orang dan uang selama musim lebaran 2022 jelas akan menjadi pemantik bergeraknya ekonomi daerah. Bank Indonesia Jawa Tengah menyiapkan uang kartal hingga Rp 15 triliun untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Jumlah tersebut sudah kembali normal seperti 2019 atau sebelum pandemi.

Sedangkan di Jawa Timur, Bank Indonesia menyediakan uang kartal Rp 23 triliun. Khusus Surabaya dan sekitarnya, jumlah yang disiapkan mencapai Rp 12 triliun.  Di Sumatera Selatan, Bank Indonesia menyiapkan Rp 6,4 triliun uang kartal untuk kebutuhan lebaran. Bank Indonesia di masing-masing wilayah menyediakan tempat penukaran uang pecahan untuk kebutuhan lebaran. **

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyebut stok vaksin Covid-19 di Jawa Timur aman. Untuk itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat segera pro aktif memperoleh suntikan vaksin booster yang dijadikan syarat untuk mudik lebaran dengan mendatangi fasyankes terdekat.

“Jumlah vaksin kita banyak, tidak perlu khawatir. Jadi kalau memang belum booster, segera vaksin di pelayanan terdekat mumpung masih di awal Ramadan. Agar nanti saat waktunya mudik, kita sudah terproteksi,” ajak Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (11/4/2022).

Vaksin telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah dari tempat-tempat pelayanan tertentu. Termasuk Puskesmas, masjid, serta lingkungan di Pemerintahan Provinsi Jatim.  Bahkan dikatakan Gubernur Khofifah, setiap hari di Gedung Binaloka Kantor Gubernur Jatim juga sampai saat ini masih dibuka untuk layanan vaksinasi termasuk booster covid-19.

Khofifah menambahkan, untuk capaia vaksinasi dosis pertama di Jatim sebesar 91,91 persen atau 29.251.726 jiwa. Kemudian untuk dosis kedua baru mencapai angka 76,60 persen atau 24.379.071 jiwa, dan dosis ketiga baru 10,84 pereen atau 3.449.000 jiwa.

Guberbur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada awal April 2022 menyebut capaian vaksinasi di Jawa Tengah untuk dosis pertama mencapai 92 persen. Untuk dosis kedua sudah mencapai 81 persen dan vaksin boster sudah 11 persen.

Sedangkan di Sumatera Selatan, vaksinasi booster yang disyaratkan pemerintah untuk mudik lebaran tahun ini disambut baik masyarakat Sumatera Selatan. Paling tidak sebanyak 22 ribu dosis vaksin ketiga disuntikkan per hari untuk masyarakat Bumi Sriwijaya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sumsel Fery Yanuar mengungkapkan, awalnya vaksinasi dosis ketiga di Sumsel sangat rendah, hanya 8,37 persen. Berbanding terbalik dengan vaksin pertama 94,5 persen dan dosis kedua 74 persen.

Ya, vaksin booster menjadi harapan besar pemerintah agar kasus Covid-19 tidak meledak setelah lebaran seperti tahun lalu. Selain vaksin, pemerintah juga berharap pemudik menjalankan protocol kesehatan selama di kampong halaman.

Untuk membahas Mudik 2022, Forum Merdeka Barat(FMB) 9 akan menggelar diskusi pada Senin 25 April 2022 pukul 13:30 WIB dengan tema: “Berkah Mudik untuk Daerah”. Akan hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Gubernur Jawa Tengah

  • Jawa Tengah menurut survey dari Kementerian Perhubungan menjadi provinsi paling banyak didatangi pemudik, angka mencapai 21,3 juta. Apa arti besarnya pemudik ini untuk Jawa Tengah?
  • Memaparkan langkah Pemerintah daerah menyambut pemudik dengan mudik gratis? Kenapa dan bagaimana update terakhir?
  • Memamparkan kesiapan infrastruktur, dari jalan hingga fasilitas di terminal dan rest area?
  • Dengan mendapat 21,3 juta, bagaimana dampaknya ke perekonomian Jawa Tengah? Bagaimana hitungannya?
  • Sektor apa saja yang akan tumbuh? Dari sektor kuliner hingga wisata?
  • Bagaimana mengatisipasi kemacetan/kepadatan saat libur lebaran di berbagai tempat wisata di Jawa Tengah? Apakah sudah siap menerima kunjungan wisatawan?
  • Berbicara mengenai vaksin, bagaimana perkembangan vaksin di Jawa Tengah? Termasuk vaksin booster.
  • Bagaimana antisipasi Jawa Tengah jika terjadi lonjakan kasus positif seperti tahun lalu? Apakah faskes dan nakes sudah siap?
  • Apa harapan bapak untuk warga Jawa Tengah yang akan mudik?

Gubernur Jawa Timur

  • Memaparkan persiapan Jawa Timur menghadapi lebaran dan mudik 2022?
  • Apakah ada program khusus dari Pemprov untuk mudik 2022, misalnya mudik gratis dll?
  • Dari infrastruktu jalan dan fasilitas stasiun, terminal, dan pelabuhan apakah siap digunakan untuk mudik 2022?
  • Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Jawa Timur juga akan ditinggal mudik lebaran, bagaimana Pemerintah Provinsi Jawa Timur menanggani warga yang mudik ke kampong halaman masing-masing?
  • Pemudik yang pulang ke Jawa Timur akan membawa uang dengan jumlah yang besar, bagaimana memanfaatkan momentum lebaran ini untuk mendorong ekonomi Jawa Timur.
  • Bagaimana kesiapan tempat wisata di Jawa Timur menghadapi libur lebaran. Titik mana saja yang harus mendapat perhatian terkait pengunjung yang akan membludak?
  • Bagaimana situasi Covid-19 dan Vaksin di Jawa Timur? Apa saja langkah untuk mempercepat vaksin booster?
  • Bagaimana antisipasi jika ada ledakan kasus Covid-19 seperti tahun lalu. Bagaimana dengan naskes dan faskesnya?

Gubernur Sumatera Selatan

  • Memaparkan persiapan Sumatera Selatan menghadapi mudik 2022 setelah dua tahun berturut-turut dilarang mudik.
  • Bagaimana mengantisipasi kedatangan pemudik yang mencapai 1,3 juta orang pada Lebaran 2022?
  • Apa arti 1,3 juta pemudik yang akan datang ini, terutama dikaitkan dengan perekonomian Sumatera Selatan?
  • Sektor apa saja yang akan terpengaruh positif dari kedatangan pemudik? Misalnya kuliner, hotel, ekonomi kreatif dll?
  • Berapa kira-kira pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan dengan adanya mudik 2022.
  • Yang harus disadari adalah Indonesia belum terbebas dari pandemic Covid-19. Bagaimana dengan angka vaksin dan vaksin booster di Palembang khususnya dan Sumatera Selatan pada umumnya?
  • Bagaimana strategi menggenjot angka vaksinasi di Sumatera Selatan?
  • Jika terjadi ledakan kasus Covid seperti tahun lalu, apa saja antisipasinya yang telah disiapkan Pemerintah Sumatera Selatan?***

 

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button