70 Anggota Paskibra Majene Mulai Dikarantina

MajeneSeluruh anggota Paskibraka Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, mulai menjalani masa karantina dengan menempati asrama sejak Rabu (11/8) hingga 20 Agustus usai bertugas dalam upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tujuan masa karantina dengan diasramakan ini adalah untuk membentuk seluruh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Majene menjadi pribadi dengan jiwa pengabdian yang tinggi dan diharapkan mereka bisa lebih fokus untuk menjalankan tugas dengan baik,” kata Panitia Pelaksana Kegiatan Paskibra Tingkat Kabupaten Majene, Muhammad Syarif di Majene.

Anggota Paskibraka Kabupaten Majene akan bertugas pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dipusatkan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Majene..

“Mereka terpilih berdasarkan seleksi ketat yang dilakukan secara bertahap sejak Juni. Setiap sekolah mengirimkan nama siswa terbaik mereka ke Dinas Pemuda dan Olahraga. Kami kemudian melakukan seleksi secara bertahap,” katanya.

Muhammad Syarif

Penyaringan  dilakukan mulai dari seleksi fisik, keterampilan, pemahaman terkait budaya, hingga perilaku. Dari hasil seleksi kemudian terpilih sebanyak 70 siswa terdiri 38 laki-laki dan 32 perempuan yang menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Majene.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Paskibra Tingkat Kabupaten Majene, Budiarjo saat memberikan pembekalan kepada anggota Paskibraka mengatakan, kegiatan karantina atau asrama dipusatkan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati.

“Untuk meraih kemerdekaan pun, dibutuhkan pengorbanan dari para pejuang bahkan pengorbanan nyawa. Artinya, untuk mencapai sebuah tujuan dibutuhkan proses dan pengorbanan yang dilandasi rasa ikhlas,” katanya.

Kondisi yang sama, lanjut dia, juga dihadapi oleh para anggota Paskibraka Kabupaten Majene yang harus melewati berbagai tahapan untuk bisa terpilih menjadi pasukan pengibar bendera saat peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Selama masa karantina, tentunya seluruh anggota paskibraka akan digembleng lahir dan batin agar mampu menjalankan tugas dengan baik. Tidak perlu khawatir, tetapi harus tetap yakin bahwa seluruh pengorbanan ini akan membuahkan hal yang manis,” katanya.

Ia pun mengingatkan agar seluruh anggota Paskibraka saling menumbuhkan semangat kebersamaan sehingga membuahkan tim yang kompak dan andal.***

Penulis MS

Rekomendasi Berita

Back to top button