ABM-Enny Gandeng Mantan Ketua MK, Hamdan Zoelva

Mamuju – Tim hukum pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Ali Baal Masdar-Enny Anggraeni Anwar (ABM-Enny) siap menggandeng pengacara nasional, Hamdan Zoelva untuk menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait yang akan dilayangkan pasangan calon, Suhardi Duka-Kalma Katta.

“Kami siap menghadapi gugatan yang dilakukan oleh SDK-Kalma di MK. Saat ini kami telah berkoordinasi pak Hamdan Zoelva yang juga mantan Ketua Hakim MK ini di Jakarta,” kata Tim Hukum ABM-Enny, Aco Hatta Kainang, SH di Mamuju, Selasa.

Menurutnya, pak Hamdan Zoelva dianggap paling tepat untuk melakukan pendampingan paslon ABM-Enny karena beliau telah memiliki pengalaman cukup untuk menghadapi gugatan sengketa Pilkada.

Karena itu kata Hatta, dirinya akan berangkat ke Jakarta untuk melanjutkan pembicaraan bersama Pak Hamdan yang selama ini pernah menahkodai lembaga MK ini.

“Pak Hamdan telah menyatakan kesiapannya untuk melakukan pendampingan terhadap ABM-Enny,” ujarnya.

Hatta Kainang menyebut, walaupun sampai hari ini gugatan paslon satu belum didaftarkan, namun ia sudah siap bersama Hamdan Zoelva untuk mempertahankan kemenangan hasil Pilgub Sulbar.

Terpisah, tim SDK -Kalma, Hajrul Malik mempertegas akan membawa persoalan ini hingga ke meja MK.

“Kami telah berkomunikasi dengan pengacara Pak Yusril Izha Mehendra. Insya Allah sudah deal dan akan diback up oleh tim hukum dan louyers dari DPP Demokrat yang jumlahnya tak kurang dari 20 kuasa hukum,” kata Hajrul.

Saat ini, tim hukum sudah mulai bekerja, dimana adapun legal standing sesuai peraturan MK No 2 Tahun 2017 sebagaimana yang telah diperbaharui pada peraturan 2016 pasal 8 ayat 1 yang berbunyi ” perselisihan suara yang masuk ke MK itu berpenduduk 2 juta kebawah itu 2 persen perselisihan suara dihitung dari suara sah.

“Dari kajian kami dan dari sudut manapun kita bisa masuk dari legal standing ini,” ujarnya.(aC1)

Rekomendasi Berita

Back to top button