Agar Tetap Bugar, Lakukan 8 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa

Menjalankan ibadah selama Ramadan bukan alasan untuk tidak beraktivitas. Kegiatan yang menjadi rutinitas tetap bisa dilakukan, seperti menjaga kebugaran. Contoh jenis olahraga saat puasa berikut bisa menjadi alternatif.

Anda mungkin perlu mengurangi durasinya, namun sebaiknya tidak mencoretnya dari daftar rutinitas selama menjalankan puasa. Dengan berolahraga tubuh akan tetap sehat selain fit, juga tidak mudah terserang penyakit. Bahkan bisa tampil fresh saat lebaran nanti.

Foto : Istimewa

8 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Selama berpuasa, asupan makanan dan minuman pada siang hari berkurang. Begitu juga waktu beristirahat. Ini dapat menyebabkan tubuh lesu. Anda bisa mengimbangi dengan tetap bergerak aktif, salah satunya olahraga.Olahraga berat bisa Anda tinggalkan, tetapi jenis yang ringan, sesuai kemampuan tubuh masih perlu. Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan. Aktivitas ini juga dapat menjadi pengisi waktu menjelang berbuka puasa.Jika sebelumnya Anda terbiasa berolahraga di luar ruangan, apabila perlu, bisa menggantinya dengan indoor. Namun bukan berarti jenis outdoor harus benar-benar ditinggalkan. Sesuaikan dengan kondisi tubuh. Berikut contoh jenis olahraga saat puasa yang dapat menjadi pilihan:

1. Yoga
Jenis olahraga yang pertama ini cukup ringan. Hanya duduk, mengatur pernapasan dan melakukan peregangan serta gerakan ringan. Namun bagi yang serius, bisa mengeluarkan keringat dan energi.
Anda dapat melakukan yoga sendiri di rumah atau bersama dalam klub. Jenis olahraga yang membutuhkan suasana tenang ini harus dilakukan dengan konsentrasi. Selain menyehatkan badan karena pengaturan napas yang menyebabkan oksigen dapat mengalir dengan baik, yoga merupakan detoksifikasi. Olahraga ini dapat mengeluarkan semua sampah dalam tubuh.
Yoga juga bisa membuat pikiran menjadi tenang dan fresh. Dampak positifnya, bukan hanya tubuh bugar, tetapi juga inner beauty dapat keluar dengan sempurna. Lakukan yoga dalam ruangan kedap suara dan iringi dengan musik lembut. Anda akan dapat merasakan semua bagian tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

2. Zumba
Olahraga berikutnya juga dilakukan dalam ruangan. Zumba merupakan gerakan senam dengan iringan musik bernuansa gembira. Jenis olahraga ini membuat semua bagian tubuh bergerak dengan bebas. Selain sebagai olahraga, zumba juga sering menjadi bagian dari event.
Banyak peserta yang bisa mendapatkan badan proporsional, sehat dan fit. Selain itu juga bisa menjadi hiburan dan ajang bersosialisasi karena merupakan olahraga tim. Anda dapat bergabung dengan tim zumba dan memulai dengan gerakan ringan terlebih dulu.

3. Renang
Berendam dan berenang ketika berpuasa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jenis olahraga ini juga menjadikan semua organ aktif bergerak. Karena merupakan olahraga indoor, Anda dapat melakukan kapan saja. Manfaat olahraga sore saat puasa ini bisa menjadi aktivitas ngabuburit, menunggu waktu berbuka puasa tiba.
Untuk menjaga tubuh tidak kehabisan energi, sebaiknya ambil jarak yang pendek. cukup beberapa meter saja. Sebelum berenang, gunakan lotion khusus untuk melindungi kulit dari kadar kaporit. Zat ini bisa mengganggu kesehatan dan kesegaran kulit.

4. Treadmill
Treadmill merupakan gerakan jalan atau lari pada alat olahraga, jadi realitanya tubuh di tempat yang sama. Jenis olahraga indoor ini dapat menjadi pilihan bagi yang kurang senang terkena matahari langsung selama berpuasa.
Lakukan gerakan dengan speed ringan, jangan terlalu cepat untuk menjaga agar tubuh tidak terlalu kelelahan. Perhatikan juga waktunya. Karena mengasyikkan, banyak yang melakukan treadmill terlalu lama sehingga kelelahan.

5. Jogging Ringan
Jogging atau lari-lari kecil hampir sama dengan jalan kaki di pagi hari. Hanya saja, aktivitas ini lebih berat. Ada baiknya diselingi dengan jalan kaki. Untuk rute, Anda pun bisa mengambil komplek atau lapangan umum yang berudara segar. Olahraga lari saat puasa bisa juga dilakukan pada sore hari.

6. Peregangan
Jika menginginkan jenis olahraga yang sangat ringan pada waktu puasa, Anda dapat melakukan peregangan. Gunakan matras sebagai alas untuk berbagai gerakan. Lakukan pemanasan terlebih dulu sebelum masuk ke gerakan inti.
Meski simpel, peregangan dapat menjadi alternatif olahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa. Anda bisa meluangkan waktu sekitar 15 menit.
Tarik napas, ikuti dengan menarik otot-otot jari tangan, meliukkan badan ke kiri dan kanan. Tambah dengan gerak menarik badan ke depan dan belakang. Dengan gerakan simpel, tubuh bisa menjadi sehat dan kuat selama berpuasa.

7. Naik Turun Tangga
Naik turun tangga dari lantai atas ke bawah beberapa kali juga merupakan gerakan olahraga yang menyehatkan. Kegiatan ini cocok bagi yang sibuk namun tetap ingin fresh dan sehat. Naikilah anak tangga dimulai dengan berjalan lambat dan tambah kecepatannya. Begitu juga ketika turun. Tanpa harus keluar rumah, tubuh tetap fit dan bugar.

8. Jalan Kaki
Jalan kali bisa menjadi pilihan olahraga pagi saat puasa. Apalagi bisa menghirup udara yang bersih dan segar. Lakukan setelah menjalankan shalat subuh. Tidak harus mengambil lokasi yang jauh, berkeliling komplek perumahan sudah cukup. Selain menyehatkan badan, Anda juga bisa menggunakan momen ini untuk menyapa dan bersilaturahmi dengan tetangga. Badan sehat, hubungan dengan tetangga satu kompleks pun bisa menjadi lebih akrab.

Meski hanya berkeliling komplek, gunakan pakaian olahraga yang nyaman agar tetap asyik meski sedang berpuasa. Koleksi dari Adidas bisa menjadi pilihan tepat. Anda bisa mendapat pakaian olahraga berkualitas dengan model terbaru di Blibli, marketplace yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun.

Produk Blibli terjamin kualitasnya. Anda juga tidak perlu ragu karena Blibli hanya bekerjasama dengan seller terpercaya. Blibli selalu mengedepankan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Semua produk Blibli selalu up to date dan bisa diperoleh dengan harga bersahabat. Contoh jenis olahraga saat puasa seperti jalan kaki dan jogging akan semakin menyenangkan dengan menggunakan pakaian olahraga Adidas.

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button