Anggota DPRD Majene Ikuti Kegiatan Penyusunan RKPdes Tubo Tahun 2022

MAJENE – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Sail memanfaatkan waktunya untuk mengikuti kegiatan musyawarah desa sebagai rangkaian tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) sebagai dokumen penjabaran dari Rencana Program Jangka Menengah (RPJM Desa) di tahun 2022.

“Hari ini Pak Sail yang juga sekretaris Komisi II DPRD Majene menghadiri rapat muswarah yang digelar di Aula Kantor Desa. Ini merupakan komitmen beliau untuk melihat program kerja yang ada di desa kami,” kata Kepala Desa Tubo Muhammad Nasri kepada mediasulbar.com via WhatsApp di Majene, Rabu, 6/10/2021.

Nasri menyebutkan, RKP Desa menjadi dasar penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) dan akan diusulkan Pemerintah Desa kepada Pemerintah Kabupaten melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah.

Dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif dan berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan program Pemerintah dan Pemerintah Daerah maka disusunlah pedoman umum tentang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pedoman tersebut harus mengedepankan prinsip keadilan, kebutuhan prioritas, terfokus, kewenangan desa, swakelola, berdikari, berbasis sumber daya desa, tipologi desa, dan kesetaraan.***

Rekomendasi Berita

Back to top button