Kamis , Juli 2 2020
Home / Daerah / Aris Kalma Bertekad Majukan Sektor Pariwisata

Aris Kalma Bertekad Majukan Sektor Pariwisata

Majene – Bakal calon bupati Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Arismunandar Kalma, bertekad majukan sektor pariwisata sebagai penopang pertumbuhan ekonomi di daerah ini.

“Kami merespon pesan pak Rizal Sirajuddin terkait pengembangan pariwisata. Kebetulan jabatan terakhir saya selaku Sekdis Pariwisata dan Kebudayaan Majene. Saya banyak memahami kondisi pariwisata di daerah ini. Insya Allah, jika diberi amanah kami bersama pak Andi Sukri Tammalele akan memperhatikan hal ini,” kata Arismunandar dalam acara silaturahmi dengan mantan Sekda Majene, Drs.H.M.Rizal Sirajuddin di Hotel Villa Bogor, Majene, Minggu, 7/6.

Arismunandar menyebutkan, perlu penguatan sumber daya manusia (SDM) unggul. Dengan begitu, daerah ini akan berperan penting dalam memajukan sektor pariwisata.

“Pariwisata adalah industri jasa yang bertumpu pada pelayanan. Oleh sebab itu, kualitas dan kapasitas SDM sektor pariwisata memegang peranan sangat penting,” kata Aris.

Dia menjelaskan, pembangunan di bidang pariwisata tentu membutuhkan SDM pariwisata yang unggul agar dapat berkompetisi dengan daerah lain yang sudah lebih maju industri pariwisatanya.

“Karena itu seluruh SDM pariwisata harus menguasai keterampilan dan ilmu pengetahuan pariwisata semua komponen pariwisata, mulai dari lembaga pendidikan kepariwisataan maupun bidang industri, seperti hotel, restoran, biro perjalanan, dan pengelola objek wisata harus berpikir futuristik,” katanya.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencetak lebih banyak SDM unggul di bidang pariwisata salah satunya adalah melalui pelatihan secara berkesinambungan kepada pekerja sektor pariwisata.

“Peluang bisnis di bidang pariwisata, baik di daerah maupun nasional masih banyak sekali yang bisa digarap, mungkin selama ini belum optimal karena karena keterbatasan keterampilan,” katanya.

Karena itu, menurut dia, perlu pelatihan keterampilan untuk industri kreatif dan industri kecil penunjang wisata secara berkesinambungan.

“Begitu pula inovasi start up di bidang pariwisata perlu banyak diciptakan lagi guna makin meningkatkan sektor tersebut di tanah air,” katanya.

Sebelumnya, dia juga mengatakan perlunya memperbanyak jumlah program studi pariwisata guna mendukung peningkatan sektor wisata di Majene nyang memiliki peluang wisata bahari dan wisata alam serta wisata budaya. ***

Penulis Acho Antara

About admin

Awalnya saya tak pernah berpikir untuk menjadi jurnalis. Pada tahun 2006, saya dipaksa untuk menjadi pewarta oleh om MP yang saat itu bekerja di koran harian Mercusuar, Palu, Sulteng. Sejak itu, meski harus tertatih-tatih, akhirnya profesi ini saya geluti dengan serius untuk menjadi jurnalis yang profesional. Tepat tahun 2008, saya milih hijrah dari Palu ke Mamuju untuk mengembankan koran Suara Sulbar. Namun usianya hanya setahun sehingga saat itu ikut memberanikan diri melamar di perusahaan BUMN LKBN Antara Biro Sulselbar. Bekerja di kantor berita negara ini cukup lama. Bahkan masyarakat Sulbar lebih akrab mengenal nama saya dengan sapaan Acho Antara alias A. Acho Ahmad AH. Selepas bekerja di LKBN Antara pada tahun 2017, saya pun mendirikan media online Mediasulbar. Com dibaeah naingan PT Media Sulawesi Barat, sebagai jembatan untuk menyalurkan informasi, edukasi bagi masyarakat Sulbar. Kami bertekad kuat, kelak mediasulbar. Com jadi referensi oleh pembaca berita guna kemajuan daerah di Tanah Malaqbi Mandar.. Wassalam..
error: Content is protected !!