AST-Aris Ingin Gandeng PTN Dalam Melakukan Perbaikan Layanan Kesehatan

Majene – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Majene, Sulawesi Barat, Andi Achmad Syukri Tammalele-Arismunandar Kalma (AST-Aris), ingin menggandeng PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dalam mendukung optimalisasi layanan kesehatan yang hingga kini menjadi salah satu permasalahan mendasar di daerah ini.

Hal ini disampaikan Calon wakil Bupati Majene nomor urut dua, Arismunandar Kalma ketika menjawab pertanyaan panelis terkait langkah strategi khusus penyelesaian daerah disektor kesehatan. Acara debat putaran kedua ini digelar di Gedung LPMP Majene, Sabtu, 28/11/2020.

Masalah layanan kesehatan di Kabupaten Majene menjadi persoalan serius karena dalam kurung waktu 10 tahun terakhir maka jumlah rasio jumlah petugas medis mengalami penurunan.

Menurut Arismunandar yang juga alumni IPDN berpendapat, penting menggandeng PTN dengan membuka jurusan kesehatan untuk pemenuhan kurangnya tenaga medis di Pustu, Puskesmas maupun pusat layanan kesehatan lainnya. Terlebih lagi, penempatan petugas kesehatan di wilayah terpencil yang ada di Majene.

“Petugas kesehatan merupakan ujung tombak memaksimalkan layanan kesehatan sehingga perlu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan membuka akses jurusan kesehatan sesuai dengan kondisi daerah,” kata Arismunandar.

Sementara calon bupati Majene, Andi Achmad Syukri Tammalele mengatakan, permasalahan kesehatan tentu menjadi problem dan memang perlu penambahan insentif bagi petugas kesehatan pada semua level mulai dari Pustu, Puskesmas dan RSUD.

Selain itu kata AST optimalisasi layanan kesehatan ini juga sangat penting penambahan jumlah tenaga dokter dan memperhatikan alat kesehatan yang memadai dalam menunjang tugas dokter yang bekerja di RSUD.

Sementara calon bupati Majene nomor urut satu, Patmawati ingin meningkatkan SDM, penambahan alokasi anggaran serta memaksimalkan kendaraan pelayanan khusus mobil ambulance untuk melayani masyarakat dari rumah ke RS maupun sebaliknya.****

Penulis Acho Antara

Rekomendasi Berita

Back to top button