AST Punya Obsesi Majene Jadi Sentra Pengembangan Peternakan

Majene – Calon bupati Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Andi Achmad Syukri Tammalele, terobsesi untuk menjadikan daerahnya sebagai sentra pengembangan ternak kambing maupun sapi guna mendukung ketersediaan daging sekaligus upaya peningkatan kesejahteraan petani yang ada di daerahnya.

“Daerah Majene punya potensi besar untuk mengembangkan ternak kambing dan ternak sapi karena kita punya lahan pakan yang cukup. Hanya saja, pemerintah harus hadir mendampngi peternak serta bisa memastikan adanya pasar yang siap membeli ternak petani kita. Obsesi itu hanya bisa diwujudkan jika masyarakat Majene membuktikan dukungannya di pilkada pada 9 Desember 2020,” kata Andi Sukri Tammalele di Majene, Minggu, 17/10/2020.

Menurutnya, pemerintah kabupaten harus fokus pengembangan ternak sehingga daerah ini bisa meningkatkan populasi ternak dan persediaan daging di daerah dan bahkan kelak bisa di ekspor ke provinsi tetangga seperti ke Kalimantan Timur.

Apalagi kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur telah membuka peluang besar untuk menjalin kerjasama dikemudian hari dengan pemkab Majene.

“Kita bisa bayangkan saat ini pemkot Balikpapan membutuhkan pasokan daging ternak kambing ribuan ton per harinya. Bukan cuma daging kambing, tetapi mereka juga membutuhkan pasokan daging Sapi dengan jumlah yang besar. Ini bisa menguntungkan peternak kita karena sudah ada peluang pasar yang difasilitasi oleh pemkot Balipapan,” kata AST sapaan akrab Andi Achmad Syukri Tammalele.

Menurut dia, pengembangan peternakan kambing maupun sapi ini tentu bisa dilakukan dengan memulai menyiapkan program budidaya bibit dan kambing maupun sapi sapi indukan untuk disalurkan ke petani.

“Pemerintah daerah bisa mengalokasikan anggaran melalui APBD setiap tahun anggaran. Bukan hanya itu, perlu pelibatan tim ahli di bidang peternakan guna melakukan kajian terhadap kebutuhan yang patut disiapkan guna mendukung peningkatan populasi ternak kita dimasa depan,” ujar AST.***

Penulis Aco Antara
Produksi by mediasulbar.com

Rekomendasi Berita

Back to top button