BPJS Ketenagakerjaan Majene Manfaatkan Safari Jum’at Untuk Bersosialisasi

MajeneBadan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, manfaatkan kegiatan Safari Jum’at guna mensosialisasikan tentang pentingnya sebagai peserta aktif dalam kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Baru baru ini kami laksanakan kegiatan safari Jum’at di Lingkungan Tamo, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur. Ada beberapa agenda kerja yang kami laksanakan yakni sosialisasi manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan dan sekaligus menyerahkan simbolis jaminan kematian M Aris salah seorang nelayan yang meninggal karena sakit,” kata kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Majene, Hamrul Ilyas kepada media Sulbar di Majene, Senin, 27/9/2021.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Majene, Hamrul Ilyas

Perlindungan Tenaga Kerja mandiri/BPU menyasar Nelayan, Tukang Ojek, Petani Sopir, Tukang Becak, bahkan pemulung hanya dengan membayar iuran sebesar Rp. 16.800, dengan iuran tersebut Pekerja mandiri/rentan sudah terdatar dalam 2 Program yaitu Jaminan kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

Bagi tenaga kerja yang meninggal diluar hubungan kerja seperti meninggal sakit akan mendapat santunan tunai sebesar Rp. 42 juta, sedangkan orang yang meninggal dalam hubungan kerja seperti nelayan atau ABK yang tenggelam dan meninggal mendapatkan santunan 70juta ditambah dengan beasiswa 174juta untuk 2 orang anak tenaga kerja mulai dari TK s.d Sarjana.

Menurutnya, kegiatan Safari Jum’at ini juga sebagai media atau tools yang bisa dimanfaatkan dimasa Pandemi Covid-19 seiring sulitnya untuk mengumpulkan massa yang banyak.

Kami turun ke masyarakat melakukan sosialisasi ini dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan sosialisasi itu akan kami selenggarakan setiap Jum’at. Selain mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mendapatkan perlindungan sosial, kami pun menyebarkan syiar Islam melalui dakwah. Ini adalah urusan dunia akhirat,” katanya.

Ia pun berharap, kegiatan Safari Jum’at ini sekaligus wadah menjalin hubungan baik dengan masyarakat khususnya para pekerja maupun pemberi kerja diberbagai lintas profesi.***

 

Penulis MS

Rekomendasi Berita

Back to top button