BPN Majene Gelar Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2022

Majene, – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Majene, menggelar Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2022, di ruang pola Kantor Bupati Majene, Kamis (03/02/2022).

Kegiatan itu dihadiri, Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Sosial Budaya Pemkab Majene Drs Mustamin, Kepala BPN Majene Muhammad Naim, S.Si.T, Perwakilan Kapolres Majene, Kepala Kesatuan Kerja Perangkat Daerah, para Camat, Para Lurah, dan para Kepala Desa se-Kabupaten Majene.

Kepala BPN Majene dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan PTSL itu, merupakan salah satu nawa cita dari Presiden Jokowi yang mulai dicetuskan pada tahun 2015. Di mana tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pemanfaatan yang andil dan berkelanjutan.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat memicu berkurangnya kasus tata ruang dan pertanahan, baik sengketa, konflik, dan perkara,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan mengenai tugas dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Termasuk pendaftaran lahan sebagai titipan pasal 19 UU Pokok Agraria, khusus untuk Kabupaten Majene diperkirakan jumlah bidang tanah hampir seratus ribu. Pada tahun 2021 lalu, BPN sudah menerbitkan sertifikat tanah kurang lebih 66% dari jumlah bidang tanah yang ada.

Di samping itu, perwakilan dari Pemkab Majene Drs Mustamin, menyampaikan agar memperhatikan kegiatan itu dengan baik demi kebermanfaatan sesama. Terlebih lagi, agar masyarakat dapat sadar hukum terkait dengan kepemilikan tanah.

“Mari kita miliki tanah, untuk betul-betul memperhatikan kaidah dan aturan yang berlaku di Indonesia ini,” ujar Mustamin.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Kapolres Majene juga menyampaikan materi terkait dengan tanah, termasuk peran kepolisian dalam mengatasi problem pertanahan.

“Di tengah-tengah masyarakat kita ini, banyak sekali persoalan tanah. Dengan itu, menjadi sangat penting bagi kepolisian untuk ikut berperan andil dalam kepemilikan tanah sesuai dengan aturan,” pungkasnya. (MS05/B)

Penulis : Budi Pratama
Editor : Irwandi
Produksi : Mediasulbar.com

Rubrik Khusus Adventorial Dipersembahkan Pemkab Majene

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button