BPS Sulbar: Akhir Desember 2021, Mamuju Alami Inflasi 1,00 Persen

MAMUJU – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat kembali merilis perkembangan Index Harga Konsumen (IHK) atau kondisi perekonomian di Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat, telah terjadi inflasi per Desember 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat, Agus Gede Hendrayana, sejumlah wartawan dalam acara konferensi pers yang dilaksanakan di Aula Kantor BPS Sulbar di Mamuju, Rabu, 5/01/2022.

Menurutnya, hingga akhir Desember 2021, maka Mamuju mengalami inflasi sebesar 1,00 persen. Inflasi di kota Mamuju terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya beberapa indeks kelompok pengeluaran yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau 1,83 persen; kelompok pakaian dan alas kaki 0,09 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,97 persen; kelompok kesehatan 0,59 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat, Agus Gede Hendrayana.

Kemudian dipengaruhi dari kelompok transportasi sebesar 0,98 persen; dan kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya 0,44 persen. Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi yaitu kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,09 persen; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,09 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,06 persen.

“Tingkat perubahan indeks tahun kalender dan perubahan indeks tahun ke tahun pada Desember 2021 di Mamuju mencatatkan terjadinya inflasi 4,39 persen,” kata Agus.

Berdasarkan hasil Survei Harga Konsumen 90 kota di Indonesia pada bulan Desember 2021, maka terdapat 88 kota di Indonesia mengalami inflasi dan 2 kota mengalami deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Jayapura sebesar 1,91 persen dan terendah di Pekanbaru sebesar 0,07 persen. Sedangkan deflasi tertinggi terjadi di Dumai sebesar 0,13 persen dan terendah di Bukittinggi sebesar 0,04 persen,” ujarnya.

Penulis : Fajri

Editor : Shaleh Sr

Produksi : Mediasulbar.com

 

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button