Bupati Majene Tinjau Lokasi Pembangunan Bawaslu

MajeneBupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele (AST) turut meninjau lokasi pembangunan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang terletak di Lingkungan Deteng-Deteng, Kelurahan Baru, Kecamatan Banggae.

Baru saja kami meninjau lokasi lahan yang kelak menjadi areal pembangunan kantor Bawaslu Kabupaten Majene,” kata Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele usai meninjau lahan yang kelak dijadikan kantor pengawas pemilu di Majene, Selasa, 31/8/2021.

Peninjauan lokasi pembangunan gedung Bawaslu ini didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majene, Hj. Likes Herawati Thahir, S.Sos, M.Ap, serta beberapa pejabat penting yang ada di daerah tersebut.

Menurutnya, lahan areal yang dijadikan kawasan kantor Bawaslu merupakan aset pemerintah kabupaten Majene yang nantinya kita hibahkan untuk dimanfaatkan pembangunan gedung Bawaslu.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele bersama pimpinan OPD meninjau lokasi lahan pembangunan kantor Bawaslu Majene.

Sebab kata dia, jajaran komisioner dan pegawai Bawaslu Kabupaten Majene, hanya menggunakan gedung perkantoran dari bangunan masyarakat yang dikontrakkan.

“Kami selaku pemerintah daerah tentu ingin memberikan support percepatan pembangunan gedung baru Bawaslu Kabupaten. Namun saya belum dapat memastikan jadwal pelaksanaan pembangunan karena kami perlu melihat kondisi kecukupan anggaran yang terplot melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), ujar AST sapaan akrab Andi Achmad Syukri Tammalele.

Saat ini kata dia, postur APBD tahun 2021 sangat terbatas dimasa pandemmi virus Corona (Covid-19). Nyaris program belanja yang terplot dalam batang tubuh APBD tahun 2021 maupun kegiatan dalam draf RAPBD tahun 2022, itu rata rata diarahkan untuk kegiatan penanganan serta pencegahan virus Corona serta program upaya pemulihan ekonomi masyarakat atas dampak merebaknya wabah Covid-19 yang tengah berlangsung sejak dua tahun terakhir.

Meski demikian kata dia, pemerintah daerah tetap memberikan perhatian khusus rencana pembangunan kantor Bawaslu Kabupaten Majene, setelah kondisi keuangan daerah telah memungkinkan untuk diberikan porsi anggaran secara bertahap.

“Bawaslu memiliki peran yang cukup vital selaku lembaga yang dibentuk berlandaskan undang-undang diberikan kewenangan melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan pemilihan umum (Pemilu). Pengawasan tersebut tidak hanya melibatkan Bawaslu tetapi juga diberikan tanggung jawab untuk mendorong partisipasi masyarakat di setiap perhelatan pesta demokrasi baik Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) gubernur, bupati, walikota serta pemilihan legislatif (Pileg) yang terselenggara sekali dalam lima tahun,” urai bupati Majene yang terpilih saat momentum Pilkada serentak 9 Desember tahun 2021.***

Penulis MS

Rekomendasi Berita

Back to top button