Dampak Kuliah Online Bagi Mahasiswa

Makassar,Mediasulbar.com– Diterapkannya Pembelajaran online (Daring), karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk belajar secara fisik atau tatap muka yang mengharuskan untuk jaga jarak sehingga pembelajaran online menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan.

Namun lagi-lagi setiap keputusan atau kebijakan baru pasti tidak bisa terlepas dari namanya masalah, dampak, konsekuensi maupun kendala yang dihadapi terutama dan terkhusus memberikan dampak bagi Mahasiswa itu sendiri,baik itu dampak positif maupun dampak negatif.

Seperti contoh dampak negatifnya yaitu untuk mengikuti pembelajaran Online (Daring) dibutuhkan jaringan internet dan kuota internet serta alat berupa laptop atau Handpone yang bisa mendukung proses berjalannya pembelajaran Online (Daring). Mengingat tidak semua daerah di Indonesia bisa dijangkau oleh jaringan internet, terutama yang tinggal didaerah terpencil atau pedalaman seperti dipulau
dan sebagainya. Tentu ini yang menjadi permasalahan besar bagi Mahasiswa itu
sendiri.

Sebagian Mahasiswa juga menganggap pembelajaran online tersebut lebih
sulit dibanding pembelajaran secara Offline atau tatap muka mereka biasa
kesulitan dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh Dosen tingkat
pemahaman terhadap materi yang diberikan oleh Dosen menjadi minim

“Dengan belajar secara online ini saya yang berada dikampung sangat mengalami banyak kendala terlebih mengalami kesulitan atau kurang jelas dalam memahami materi yang diberikan dosen, media belajar hanya PPT atau suara teks.Koneksi internet bermasalah sehingga kesulitan mencari info tugas dan mengikuti kelas secara online serta banyaknya tugas tidak sebanding dengan minimnya penjelasan dosen,” terang Fia salah satu mahasiswi semester enam Jurnalistik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Kamis (6/1/22).

Disamping memiliki dampak negatif, belajar secara online ini juga memiliki dampak positifnya yaitu dengan adanya pembelajaran online waktu lebih efisien. Tugas bisa dikerjakan dimana dan kapan saja, disamping itu Mahasiswa bisa membantu pekerjaan orangtua.Bagi Mahasiswa yang kost justru ini menjadi lebih hemat,
kebersamaan dengan keluarga juga menjadi lebih banyak, dan sebagainya.

“Dengan kuliah secara online ini saya bisa mengerjakan tugas-tugas saya dimanapun dan kapanpun terlebih lagi deadline tugasnya yang cukup lama yaitu kisaran satu minggu dari hari pemberian tugas tersebut.Disamping saya kuliah,saya juga bisa bantu-bantu orang tua dirumah seperti ketika saya selesai melakukan pembelajaran secara online,” tutupnya. (Ms08/C).

Penulis : Widiyanti
Editor : Shaleh Muhammad Sr
Produksi : Mediasulbar.com

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button