Disdikbud Sulbar: Lomba FLS2N Tingkat SMK Ajang Pembinaan Talenta Muda

MAMUJU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Barat, kembali melaksanakan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke XXXII Tingkat Provinsi Sulawesi Barat yang dipusatkan di SMKN 1 Rangas Mamuju, 4-6 Maret 2024.

Kegiatan FLS2N ini Dibuka secara langsung Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Ristek RI, Dr Mardani Sugianto, M.Pd dan disaksikan Kepala Disdikbud Provinsi Sulbar, Dr Mithhar Thala Ali,

Kepala Bidang SMK Disdikbud Provinsi Sulbar, Irham selaku panitia penyelenggara menyampaikan kegiatan ini merupakan ajang pembinaan prestasi dan kreativitas talenta muda yang ada di Sulbar.

Perlu dipahami kata dia, saat ini kita sedang berada di era revolusi industri 4.0 dan kian menjadikan pengembangan kompetensi peserta didik SMk sebagai salah satu isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian bersama.

“Perlu dilakukan pengembangan kompetensi peserta didik guna memastikan kebijakan yang kondusif dalam mendukung Indonesia Maju. Pengembangan kompetensi peserta didik SMK dipandang strategis untuk menyiapkan generasi yang produktif, berkarakter dan siap bersaing di dunia global,” ucap Irham.

Untuk menjawab tantangan tersebut kata dia, Kemendikbud Ristek melalui pusat prestasi nasional menyampaikan wadahnya seperti apa yang dilaksanakan sekarang ini.

Ditempat yang sama, Kepala Disdikbud Provinsi Sulawesi Barat, Dr.Mithhar Thala Ali mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen kita untuk menghadirkan generasi emas menuju Indonesia Maju.

“Ajang ini merupakan wadah bagi anak-anak kita untuk meningkatkan
kreativitas dan prestasi. Ini juga bisa mengukur kompetensi, karakter positif, produktiv dan inovatif bagi peserta didik,” ungkapnya.

Mithhar menyebutkan bahwa peta kualitas SMK di semua satuan pendidikan harus sesuai standar dunia usaha dan dunia industri. Dengan begitu, lulusan SMK mampu bersaing di dunia usaha dimasa depan.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu memotivasi siswa SMK untuk terus menjadi yang terbaik. Kehadiran siswa dalam ajang ini diharapkan mampu memiliki nilai lebih yang mencakup keahlian bidang yang dikuasai, kemampuan softskill serta karakter yang tangguh untuk menjadi bagian dari pembangunan.

Mithhar juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kehadiran bapak Direktur Pembinaan ShMK Kemendikbud Ristek yang sudih membuka rangkaian kegiatan ini.

“Berapa banyak perhatian yang diberikan oleh bapak Direktur Pembinaan SMK di Sulbar. Semoga kedepannya, perhatian beliau terus berlanjut dalam mendukung program pendidikan di daerah ini.***

Penulis Aco Antara

 

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button