DKP Majene, Abdullah : Pemberdayaan Nelayan Mesti Ditopang Sarana dan Prasarana

Majene, – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), terus berupaya dan menggaungkan program-programnya untuk mendukung akselerasi percepatan pembangunan yang bersinergi dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Majene, Andi Achmad Syukri Tammalele (AST) – Arismunandar Kalma (ARIS) periode 2021-2026.

Demikian pula dengan jajaran pada Bidang Pemberdayaan Nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Majene, turut mempersiapkan bantuan sarana prasarana dan pembekalan kepada para nelayan untuk meningkatkan kualitas dan keunggulan, serta pemberdayaan kepada nelayan.

Tentu untuk mencapai hal tersebut, tidak lepas dari peran dan kinerja Bidang Pemberdayaan Nelayan, DKP Kabupaten Majene, Abdullah, S.Pi.,M.Si, disampaikan kepada tim reportase mediasulbar.com, di ruang kerjanya, Kamis (06/03/2022).

Ia mengungkapkan bahwa untuk pemberdayaan nelayan akan mengucurkan bantuan sarana dan prasarana nelayan.

“Untuk pemberdayaan nelayan, kita akan memberikan bantuan sarana, termasuk di dalamnya itu, kapal, mesin, dan alat tangkap ikan. Setiap tahun bantuan itu ada untuk masyarakat. Untuk kegiatan pelatihan yang kita lakukan memang kebanyakan fokus pada pokok-pokok pikiran demi meningkatkan pengetahuan para nelayan, kita sering melakukan kegiatan sosialisasi dan bantuan secara fisik kepada masyarakat,” papar Abdullah.

Menurutnya, melalui kegiatan dan bantuan sarana prasarana dapat lebih mempermudah para nelayan. Bahkan, ia menyampaikan bahwa dengan bantuan seperti kapal, para nelayan sudah dapat melakukan pelayaran sampai di daerah Donggala, Lombok, dan Kendari. Bantuan seperti demikian, tentu dapat meningkatkan pendapatan dan pengetahuan para nelayan.

Abdullah menambahkan bahwa Kabupaten Majene termasuk daerah yang sangat berpotensi penghasil ikan, salah satu ikan yang berpotensi besar adalah ikan tuna. Wacananya ke depan akan terus mengembangkan itu sebagai konsumsi masyarakat dan nantinya akan bisa diekspor ke luar.

Terkait dengan program unggulan untuk Bidang Pemberdayaan Nelayan DKP Majene, tetap mengarah kepada bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia berharap bahwa ketika masyarakat mendapatkan bantuan sarana agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kita berharap kepada masyarakat, saat ada sarana yang didapatkan agar dipelihara dan bisa dipakai untuk jangka yang panjang,” tutupnya.*(MS.05/B)

Penulis Budi Pratama

Editor Aco Antara

Produksi by media Sulbar.com

Rubrik Khusus Adverdtorial Dipersembahkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Majene

 

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button