DPP Gamki: GUbernur Sulbar Bisa Dilaporkan ke Kemendagri

Mamuju – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerakan  Angkatan Muda Kristen Indonesia Sulawesi Barat (Gamki Sulbar), berpendapat bahwa gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM) bisa saja dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pernyataan yang terkesan berniat merubah Sila Pancasila sebagaimana isu yang menjadi trending topik dikalangan masyarakat akhir-akhir ini.

“Pernyataan gubernur terkait obsesi merubah sila Pancasila bisa saja dilaporkan secara resmi ke Kemendagri dan ditembuskan ke meja Presiden RI. Tujuannya apa, agar pemerintah pusat mengambil langkah tegas terhadap gubernur Sulbar yang telah berniat mengutak atik sila Pancasila ini,” kata Ketua OKK DPP Gamki Sulbar, Dikson Siringoringo kepada sejumlah wartawan di Mamuju, Selasa, 28/11.

Menurutnya, obsesi pak ABM untuk mengutak atik sila Pancasila telah menimbulkan gejolak ditengah masyarakat Sulbar yang penduduknya dihuni multi etnik, suku dan agama.

Atas pernyataan gubernur Sulbar terkait Pancasila ini malah menimbulkan kecurigaan publik bahwa jangan-jangan pak ABM ini telah tersusupi aliran anti Pancasila.

Begitupun terkait kalimat Sponsor yang sempat dilontarkan pak ABM juga telah menciderai dan menyakiti niat baik dari aksi pergerakan para mahasiswa yang setiap saat melakukan aksi demo terhadap kebijakan pemerintah itu.

“Hal ini tidak boleh diucapkan pak ABM selaku kepala daerah. Seharusnya beliau itu harus berhati-hati dalam mengeluarkan ucapannya. Jangan sampai, ucapan blunder ini justeru menjebak dirinya sendiri,” kata Dikson.

Bahkan Dikson juga meminta data-data teman-teman para Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) terkait Pancasila untuk dilaporkan ke pemerintah pusat di Jakarta. Tujuannya apa agar Kemendagri bisa bergerak cepat untuk mengatasi permasalahan ini.

“Jika alat bukti cukup terkait niat gubernur yang hendak merubah Pancasila maka persoalan ini bisa dibawa keranah hukum dan konsekuensinya bisa pemecatan,” tegas Dikson. (acc)

Rekomendasi Berita

Back to top button