Gelar Bakti Nelayan di Majene, KKP Tekankan Peningkatan PNBP untuk Kesejahteraan Nelayan

Majene (23/4) Peningkatan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) subsektor perikanan tangkap menjadi salah satu program andalan Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP). Di bawah komando Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Program tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Kepala PP Untia Makassar Iswadi Rachman menyampaikan dengan terbitnya PP Nomor 85 Tahun 2021 tentang jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak maka semakin besarnya kontribusi PNBP perikanan terhadap pendapatan negara, sehingga semakin terbuka ruang untuk pembiayaan pembangunan sektor kelautan dan perikanan dengan nominal yang jauh lebih besar.

Lebih lanjut, Iswadi menjelaskan dengan PNBP kita memiliki ruang yang lebih lapang untuk melaksanakan program-program untuk peningkatan kesejahteraan nelayan yang menjadi pelaku utama dalam sektor kelautan dan perikanan, terangnya saat membacakan sambutan Bakti Nelayan di Kabupaten Majene mewakili Direktur Jederal Perikanan Tangkap.

Selain itu dia dia juga menambahkan saat ini KKP akan menerapkan konsep penangkapan ikan terukur, konsep tersebut merupakan terobosan dalam pengelolaan perikanan yang lebih akurat dengan pengendalian kuota penangkapan pada zona perikanan terukur. Implementasi perikanan terukur akan mendatangkan banyak manfaat baik secara ekologi, sosial maupun ekonomi.

Pembagian WPPNRI, Kab. Majene dan wilayah sekitarnya di Provinsi Sulawesi Barat termasuk dalam zona penangkapan tradisional, sehingga potensi SDA di dalamnya dapat dimanfaatkan seluasluasnya oleh nelayan di daerah ini dengan tetap memperhatikan keberlanjutan sumberdaya yang ada, tegasnya.

Kegiatan Bakti Nelayan di Kabupaten Majene ini bersamaan dengan kunjungan kerja anggota Komisi IV DPR RI Suhardi Duka. Sebanyak 1.000 paket bantuan operasional melaut juga diserahkan kepada nelayan setempat.
Suhardi meminta agar bantuan tersebut diharapkannya dapat dimanfaatkan secara optimal oleh nelayan untuk mendukung kegiatan menangkap ikan di laut.
 
“Bantuan ini merupakan salah satu bentuk wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat terdampak Pandemi Covid-19. tuturnya di sela kegiatan.

Ia mengapresiasi Ditjen Perikanan Tangkap KKP yang rutin menggelar kegiatan Bakti Nelayan di beberapa daerah Indonesia. Selain penyerahan bantuan, kegiatan seperti ini dinilainya dapat membuka ruang untuk berdiskusi dan dan menyaring aspirasi nelayan.**(Hms)

Rubrik Khusus Advedtorial Dipersembahkan Dinas Kelautan dan Perikanan

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button