Habiskan Anggaran Puluhan Miliar, Pelabuhan Pasangkayu Disoroti Ombudsman

MATRA, – Dibangun sejak Tahun 2012 silam dengan menggunakan anggaran APBN senilai 70 Miliar, Pelabuhan Pasangkayu Didesa Pangiang, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat kini terbengkalai dan menjadi sorotan Ombudsman Sulbar.

Diresmikan sejak tahun 2013 silam oleh Gubernur Sulawesi Barat yang saat itu dijabat Anwar Adnan Saleh. pelabuhan yang dibangun di ujung utara sulawesi barat ini tak pernah digunakan dan terlihat seperti rumah hantu, pasalnya bangunan yang tak berpenghuni itu telah ditumbuhi pepohonan dan rumput panjang yang berada disekitar areal bangunan yang tak terurus ini.

Selain tak terurus sejumlah fasilitas bangunan juga mulai rusak, bahkan terlihat kaca bangunan berhamburan dilantai karena tak terurus, sementara fasilitas seperti ac dan kabel lampu penerangan yang menggunakan tenaga surya di tempat tersebut juga sudah hilang bak di telan bumi, padahal pelabuhan ini jaraknya dari kota kabupaten mamuju utara sangat dekat.

Namun tanda adanya pelabuhan besar yang dibangun di daerah tersebut oleh dirjen perhubungan laut sejak tahun 2012 silam satupun papan informasi tentang keberadaan pelabuhan tersebut tidak ada, namun akses jalan menuju pelabuhan yang konon informasi sudah tujuh kali digunakan oleh Pt toscano memuat minyak CPO terus ditingkatkan hingga menelan anggaran miliaran rupiah namun pelabuhan tersebut justru tak berpenghuni.

Lukman Umar Kepala Ombudsman sulbar mengatakan, ada pelabuhan pasangkayu namun papan informasi soal keberadaan pelabuhan tersebut tidak ada,  sehingga keberadaan pelabuhan ini tidak diketahui,  selain itu sarana dan prasana lainnya juga harus ada agar pelabuhan ini bisa di berdayakan agar bisa menunjang perekonomian daerah”. Terang Lukman.(Joni)

Rekomendasi Berita

Back to top button