Himakom Unasman Bedah Buku VOVA SANGGAYU

Oleh : Budibento

Majene- Buku Vova Sanggayu dijadwalkan akan di bedah dalam rangkaian acara Anniversary ( Ulang tahun ) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi ( Himakom ) ke 17 Universitas Al Assyariah Mandar ( Unasman ). Sabtu 17 Juli 2021, Pukul 15.30. bertempat di pelataran Auditorium Kampus Unasman kabupaten Polewali mandar provinsi Sulawesi barat.

Buku Vova sanggayu ini merupakan karya etnografis 101 puisi Bustan Basir Maras selaku penulis yang sudah banyak menghasilkan karya buku, baik lokal maupun nasional.

Selain penulis buku, acara ini juga akan menghadirkan 2 panelis pembicara, yakni Muhammad Syariat Tajuddin selaku penelaah dan Ahmad Saleh Marrewangan selaku moderator.

Untuk kegiatan malam, acara dilanjutkan dengan penampilan performent Art atau ( pertunjukan seni ),dari komunitas sastra dan teater ( Kosaster Siin ) Unasman dalam bentuk Musikalisasi puisi, dll.

Saat dihubungi, Ahmad selaku senior mahasiswa Himakom menyampaikan bahwa kegiatan ini akan mengundang perwakilan peserta dari semua jurusan dan UKM. Masing masing perwakilan hanya dibatasi 2-3 orang saja mengingat PPKM darurat harus dipatuhi dengan standar protokol kesehatan. Sehingga Ahmad menargetkan total peserta hanya bisa 30 orang saja.”Ucapnya.

Dukungan moril dan materil dari pihak kampus alhamdulilah sangat mendukung acara ini, kami diberikan fasilitas yang dibutuhkan panitia, seperti tempat acara, materi dll. Namun kami dipesan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.”tutur senior Himakom ini.

Dikonfirmasi lewat WhatsUp voice, Bustan Basir Maras menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga atas undangan yang telah diberikan oleh Himakom tersebut kepada dirinya selaku penulis.

Menurut bustan, salah satu tujuan di tulisnya buku tersebut adalah untuk dapat menjadi tali penyambung bagi seluruh penggiat literasi di provinsi Sulbar, khususnya kalangan mahasiswa di kabupaten Polman.

Bedah Buku ini diharapkan dapat menambah atau memperkaya literasi sastra dan puisi bagi kalangan mahasiswa di berbagai kampus, baik dalam skala lokal maupun dalam skala nasional.”katanya.

Selaku penulis, Bustan sangat bersyukur dengan adanya kegiatan bedah buku ini, sebab buku yang berjudul Vova Sanggayu tersebut, Sedianya akan di bedah di Makassar, di lombok, di djokjakarta, Bali, dll. Namun tertunda sementara karena adanya Pandemi Covid 19 sampai saat ini.”tutur Bustan.

Hari ini Wilayah Polman mungkin masih zona kuning, akan tetapi kita juga harus tetap berhati hati, dalam melaksanakan kegiatan. Bedah buku seperti ini bisa lah dilaksanakan, namun kita harus disiplin mematuhi protokol kesehatan.”Ucap Bustan di beranda WA nya .

Meskipun sekarang ini kita msih dalam suasana Covid 19, dirinya berharap agar para mahasiswa bisa terus kreatif, dapat berbuat dan berkarya tanpa harus meremehkan prokes Covid 19. Intinya Aktifitas kita upayakan tetap jalan dengan disiplin protokol kesehatan.”ungkapnya.

Mengakhiri informasinya, Ahmad selaku perwakilan panitia, berharap agar kegiatan ini bisa menumbuhkan minat baca dan kreatifitas para mahasiswa dalam hal menulis dibidang sastra, khususnya puisi.

Kedepannya, kegiatan ini akan berlanjut dalam workshop menulis dilingkungan kampus, di dalamnya ada lomba menulis antara para mahasiswa seperti dalam bentuk esai, artikel, maupun karya sastra lainnya.”tutupnya.**

Rekomendasi Berita

Back to top button