Horee… Akhirnya Warga Pulau Karampuang Nikmati Listrik

Mamuju – Karampuang merupakan sebuah desa kepualaun di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Hari ini, Jumat 8 Desember, telah diresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas total 598 kWp.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Mamuju, Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan SP. Pababri hadir pada peresmian PLTS tersebut.

Ia menyebut bahwa, ini merukan mimpi yang telah menjadi kenyataan.

Menurut Irwan, kurang lebih 10 tahun lalu, penerangan listrik di Desa Karampuang mungkin hanya menjadi mimpi masyarakat, karena jika dipikir, untuk menarik jaringan listrik dari PLN dari Kota Mamuju ke Karampuang dengan menyeberangi lautan adalah hal yang terbilang mustahil.

“Namun hari ini kita telah menyaksikan sebuah pembangkit listrik tenaga surya yang dibangun dari hibah MCA-Indonesia. Ini tentu adalah  mimpi yang telah menjadi kenyataan, dimana para ibu-ibu disini akhirnya sudah bisa memakai listrik untuk keperluan dapur, demikian halnya bapak-bapak dapat menggunakan listrik untuk bertukang atau keperluan lainnya.” Papar Irwan.

Pada kesempatannya, ia berpesan kepada masyarakat Desa Karampuang sebagai penerima manfaat proyek PLTS, agar dapat memanfaatkannya dengan optimal. Terlebih kehadiran PLTS turut ditunjang dengan program Income Generating Activities (IGA) berupa pendayagunaan masyarakat lokal diberbagai sentra ekonomi berbasis masyarakat.

“Jangan gunakan listrik ini dengan sia-sia melainkan harus digunakan agar lebih produktif. kita semua harus berfikir terbuka dan terus termotivasi untuk maju karena sarananya telah tersedia.” Pesannya.

PLTS Desa Karampuang, diresmikan oleh Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kemedi Simanjuntak, yang  ditandai dengan pemencetan tombol serine bersama Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar.

Disini, Kemedy juga berpesan kepada masyarakat agar tidak hanya menjaga PLTS tapi juga memanfaatkan dengan baik. Ia mengatakan, Proyek energy terbarukan ini merupakan model baru, yang akan mengangkat nama Desa Karampuang, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

“Jadi akan banyak orang yang akan datang kesini, dan ini model baru, bukan hanya di Indonesia tapi di dunia. Akan banyak orang datang melihat, dari berbagai negara akan banyak belajar, dan apabila ini berhasil, dengan sendirinya Karampuang akan menjadi daerah pariwisata yang berkualitas. Saya harap Ini bukan hanya dijaga tapi juga dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Sementara Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar dalam sambutannya mengatakan, PLTS Karampuang merupakan aset daerah yang diharapkan mampu menggerakkan sektor ekonomi produktif di Pulau Karampuang.

Untuk itu, perawatan dan operasional kedepan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah daerah, masyarakat, perusahaan serta dukungan dari pemerintah pusat.

Untuk diketahui, PLTS Karampuang merupakan salah satu kegiatan proyek kemakmuran hijau yang dikelola oleh Millenium Challenge Account-Indonesia (MCA-I).

Lembaga wali amanat yang dibentuk oleh Bappenas sebagai pelaksana Hibah Compact Millenium Challenge Corporation (MCC), Amerika Serikat. Pembangunan PLTS merupakan hasil kerja dari Konsorsium PT. Sky Energy dan IKPT selaku penerima hibah energy terbarukan berbasis masyarakat.

Dalam pengelolaannya, telah dibentuk model badan usaha listrik desa bernama PT. Karampuang Multi Daya (PT.KMD). (Hms- )

Rekomendasi Berita

Back to top button