Horeee…Disdikbud Sulbar Segera Buka Kelas Jauh Setingkat SMA di Kepulauan Balak-Balakang

MAMUJU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Barat, akan segera membuka kelas jauh setingkat SMA untuk ditempatkan di wilayah Kepulauan Balak-Balakang, Kabupaten Mamuju.

Keinginan Kepala Disdikbud Provinsi Sulawesi Barat untuk membuka kelas jauh setingkat SMA ini setelah menerima kungjungan dua orang guru yang selama ini bertugas di wilayah Kepulauan Balak-Balakang di Mamuju, Sabtu, 22/12/2023.

Kedua tenaga pendidik yang menemui orang nomor satu pada Disdikbud Provinsi Sulbar ini masing-masing Muliadi (Guru SMPN 1 Balak-Balakang) dan Darmawati (Kepala SDN Inpres Pulau Ambo). Keduanya berkeluh kesah dihadapan Kepala Disdikbud Provinsi Sulbar, terkait potret buram layanan pendidikan di wilayah terluar Sulbar di Pulau Balak-Balakang ini.

Mendengar informasi tersebut, Mithhar pun mencari solusi terbaik untuk memberikan layanan pendidikan memadai setingkat SMA bagi warga yang mendiami gugusan Pulau di Kecamatan Balak-Balakang.

“Masyarakat Balak-Balakang sudah lama merindukan hadirnya pendidikan setingkat SMA setelah sekian puluh tahun bersusah payah ke Mamuju untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah SMA sederajat,” katanya.

Keadaan rumit bagi anak anak di wilayah Kepulauan ini menyebabkan hanya 10 hingga 25 persen yang melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA sederajat.

” Hal ini tentu sangat memprihatinkan mengingat SPM (Standar Pelayanan Pendidikan) kita tidak boleh ada anak di usia 6 – 18 Tahun yang tidak terlayani Pendidikan. Makanya , solusi terbaik adalah membuka kelas jauh di wilayah Kepulauan itu,” ujar Mithhar.

Kedua tenaga pendidik ini telah puluhan tahun berjuang kepada beberapa pihak yang dianggap mampu mencarikan solusi, namun hasilnya nihil.

Karena itu, Mithhar yang mengawali karir birokrasi sebagai guru SMA ini pun tergerak untuk menghadirkan kelas sekolah jauh sesegera mungkin atau pada tahun ajaran baru di 2024.

” Kita akan menerima siswa yang tamat SMP sederajat tahun 2024 dan tahun 2023 maupun yang tamat 2022 atau jika memungkinkan kita akan membuka kelas Paket C bagi Masyarakat yang tidak lagi bisa masuk ke Pendidikan Formal,” ujar Mithhar.

Intinya kata dia, tidak akan membiarkan anak anak bangsa di pulau tersebut mengalami gagal sekolah diusia produktif.

Mengenai tempat penyelenggaraan kelas jauh tersebut, Disdikbud Sulbar langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju dan akan menggunakan ruang kelas Sekolah yang ada di kepulauan tersebut.

Respon langsung Kepala Dinas Dikbud Sulbar ini disambut dengan suka cita oleh bapak ibu guru sebagai perwakilan masyarakat yang selama ini sudah lama dinantikan.***

Penulis Acho Antara
Editor Redaksi

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button