Senin , Agustus 10 2020
Home / Adventorial / Idris: Sukses Kelola RUP Barang Dan Jasa Pasti Beri Manfaat

Idris: Sukses Kelola RUP Barang Dan Jasa Pasti Beri Manfaat

Advertorial

Mamuju — Sekprov Sulbar, Muhammad Idris membuka secara resmi Workshop Penyusunan dan Penginputan Rencana Umum Pengadaan (RUP) Barang dan Jasa tahun anggaran 2020, di ruang UKPBJ lantai 3 Kantor Gubernur Sulbar, Kamis 06 Februari 2020.
“Kalau saja kita sukses mengelola dan melakukan perencanaan yang baik terhadap pengadaan barang dan jasa, saya yakin sekecil apapun fiskal tersebut pasti akan memberikan manfaat, ” kata Sekprov Sulbar Muhammad Idris
Idris menuturkan, pengadaan barang dan jasa pemerintah, mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pembangunan perekonomian nasional, termasuk daerah Sulbar.
“Tujuan dari proses pengadaan barang dan jasa sendiri adalah untuk mewujudkan pembangunan nasional secara merata dan adil,”ungkap Idris
Dalam penyusunan dan penginputan RUP, kata Idris, hal tersebut menekankan prinsip kebutuhan dengan mendorong proses pengadaan barang dan jasa yang sesempurna mungkin, sebaik mungkin, dan paling terpenting adalah secepat mungkin.
“Lihat besarnya daya saing kita terhadap negara-negara tetangga yang selalu sukses mengelola bangsanya, mereka selalu yang terbaik dikarenakan perencanaan yang baik. Untuk itu, kita pastikan dulu RUP barang dan jasa ini apakah sudah dipahami, diketahui, dan paling terpenting adalah praktiknya yang dilaksanakan dengan baik,” tandas mantan Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI itu
Dia menambahkan, dalam peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 pasal 18 ayat 8 menyatakan bahwa, hasil perencanaan pengadaan barang dan jasa dimuat dalam RUP yang merupakan dasar untuk memulai suatu pengadaan barang dan jasa.
“RUP ini nantinya akan mempengaruhi keputusan, kapan akan dimulainya proses lelang barang dan jasa. Lebih jelasnya RUP adalah daftar rencana pengadaan barang dan jasa yang akan dilaksanakan oleh kementerian, lembaga, maupun perangkat daerah,”tandasnya
Workshop tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni 6-7 Februari 2020, yang diikuti oleh 80 peserta, yang terdiri dari UKPBJ, pejabat yang menangani RUP dan operator penginputan RUP pada OPD lingkup Pemprov Sulbar. (deni)

About admin

Awalnya saya tak pernah berpikir untuk menjadi jurnalis. Pada tahun 2006, saya dipaksa untuk menjadi pewarta oleh om MP yang saat itu bekerja di koran harian Mercusuar, Palu, Sulteng. Sejak itu, meski harus tertatih-tatih, akhirnya profesi ini saya geluti dengan serius untuk menjadi jurnalis yang profesional. Tepat tahun 2008, saya milih hijrah dari Palu ke Mamuju untuk mengembankan koran Suara Sulbar. Namun usianya hanya setahun sehingga saat itu ikut memberanikan diri melamar di perusahaan BUMN LKBN Antara Biro Sulselbar. Bekerja di kantor berita negara ini cukup lama. Bahkan masyarakat Sulbar lebih akrab mengenal nama saya dengan sapaan Acho Antara alias A. Acho Ahmad AH. Selepas bekerja di LKBN Antara pada tahun 2017, saya pun mendirikan media online Mediasulbar. Com dibaeah naingan PT Media Sulawesi Barat, sebagai jembatan untuk menyalurkan informasi, edukasi bagi masyarakat Sulbar. Kami bertekad kuat, kelak mediasulbar. Com jadi referensi oleh pembaca berita guna kemajuan daerah di Tanah Malaqbi Mandar.. Wassalam..
error: Content is protected !!