Intip Kegiatan Relawan Siaga Covid-19 Desa Paso

Advedtorial

Majene – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemdes PDTT) sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengarahkan setiap desa agar membentuk relawan desa lawan corona (Covid-19).

Pembentukan relawan desa lawan Covid-19 menjadi penting karena ke depannya akan memiliki peran untuk melindungi masyarakat dan pemerintah desa. Mulai dari ketua RT, ketua RW dan kepala dusun menjadi kunci utama untuk patuh melaksanakan aturan Keputusan Presiden RI Joko Widodo nomor 11 tahun 2020 tentang kedaruratan kesehatan masyarakat.

“Relawan desa memiliki tugas mulia untuk melindungi masyarakat dan kami selaku pemerintah desa melalui apa yang diamanatkan pemerintah telah membentuk relawan sejak intruksi itu dikeluarkan oleh pemerintah,” kata Kepala Desa Palipi Soreang (Paso), Wardin Wahid di kantornya, Jumat, 10/4.

Wardin mengatakan, relawan desa ini memiliki tugas melalui kegiatan yang berprinsip pada gotong royong, seperti bekerja sama dengan rumah sakit rujukan dan atau puskesmas setempat, menempatkan orang dalam pemantauan (ODP) ke dalam ruang isolasi yang telah disiapkan.

Relawan Covid-19 desa Paso menyemprot warga yang melintas di daerahnya untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Kemudian menyiapkan logistik bagi OPD selama berada di ruang isolasi, melaporkan pasien dalam pengawasan (PDP) ke puskesmas atau Gugus Tugas Covid-19 di daerah. Yang terakhir adalah menghubungkan petugas Gugus Tugas Covid-19 di daerah kepada warga untuk penanganan lebih lanjut.

Relawan Siaga Covid-19 Desa Palipi Soreang kata dia, telah bekerja luar biasa. Mereka (relawan.red) telah menghibahkan dirinya baik siang hingga malam demi penanganan Pandemi yang tak kunjung akhir dan berakhir.

“Teman teman relawan telah bekerja maksimal. Tentu hal ini adalah tugas mulia demi keselamatan umat. Insya Allah, bernilai ibadah,” ucap Wardin.

Selaku ketua relawan Covid-19 desa Paso, agar masyarakat tetap menjaga diri dengan cara tinggal sementara dirumah bersama keluarga dan tetap jaga jarak dengan siapa pun guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Saat ini kata dia, dengan semangat gotong royong telah menyasar rumah warga dan rumah ibadah untuk penyemprotan, pembagian masker serta menyalurkan bantuan sabun antiseptik ke rumah rumah penduduk.

Relawan Covid-19 desa Paso yang dimotori langsung Ketua Tim Penggerak PKK desa Paso, Rahmawati Wardin meracik sabun antiseptik untuk dibagikan kepada masyarakat.

Relawan Covid-19 desa Paso merancang sendiri pembuatan sabun antiseptik yang dimotori langsung Ketua Tim Penggerak PKK Desa Paso, Rahmawati Wardin bersama ibu penggerak PKK lainnya.

“Sabun cairan antiseptik hasil racikan tim penggerak PKK telah kita kemas dan akan segera disalurkan ke masyarakat,” pungkasnya.***

Penulis/editor: Acho Antara

Produksi By mediasulbar.com

Rekomendasi Berita

Back to top button