Ismail Zainuddin Birokrat Jujur dan Integritas Tinggi

Mamuju – Mengenal dari dekat sosok Drs H. Ismail Zainuddin yang saat ini telah memutuskan maju selaku calon anggota DPD RI untuk daerah pemilihan Sulawesi Barat, pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

Ada ratusan bakal calon yang akan memperebutkan empat kursi menuju parlemen di Senayan. Rakyat Sulbar harus bisa mengenali siapa diantara bakal calon yang layak mendapatkan dukungan.

Sosok Ismail ini dikenal birokrat yang jujur dan memiliki integritas tinggi sehingga ia mendapatkan kepercayaan untuk menduduki posisi jabatan Sekprov Sulbar.

Sikap jujur dari sosok Ismail ini pun mengantarkan dirinya selaku pejabat Sekprov paling miskin di Indonesia. Tak ada fasilitas menonjol melekat padanya selain kendaraan dinas. Rumah miliknya yang terletak di jalan Pattalundru, Mamuju juga sangat sederhana. Kondisi rumah miliknya tak seperti kondisi rumah pejabat lainnya.

Ia juga dikenal sosok yang komitmen dalam segala hal. Jika sudah memutuskan A maka ia teguh untuk tidak ke B.

Sikap komitmen inilah yang membulatkan hati dan tekad demi mencapai sebuah tujuan, sekalipun ia belum dapat mengetahui hasil akhir dari tujuan tersebut. Berjerih payah dan berkorban demi menyelesaikan “T u j u a n n y a” sekalipun semua orang meninggalkannya.”

Mantan penjabat bupati karateker Mamuju Tengah ini juga nemiliki Integritas selaku pemimpin birokrat di pemprov Sulbar. Integritas adalah suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, metode-metode, ukuran-ukuran, prinsip-prinsip, ekspektasi-ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan. Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat.

Sikap yang teguh mempertahankan prinsip , tidak mau korupsi, dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri sebagai nilai-nilai moral.

Mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuanyang memancarkan kewibawaan; kejujurannya. Itulah sekelumit sosok Ismail Zainuddin.

Integritas dibutuhkan oleh siapa saja, tidak hanya pemimpin namun juga yang dipimpin. Orang-orang menginginkan jaminan bahwa pemimpin mereka dapat dipercaya jika mereka harus menjadi pengikut-pengikutnya. Mereka merasa yakin bahwa sang pemimpin memperhatikan kepentingan setiap anggota tim dan sang pemimpin harus menaruh kepercayaan bahwa para anggota timnya melakukan tugas tanggung-jawab mereka. Pemimpin dan yang dipimpin sama-sama ingin mengetahui bahwa mereka akan menepati janji-janjinya dan tidak pernah luntur dalam komitmennya. Orang yang hidup dengan integritas tidak akan mau dan mampu untuk mematahkan kepercayaan dari mereka yang menaruh kepercayaan kepada dirinya. Mereka senantiasa memilih yang benar dan berpihak kepada kebenaran. Ini adalah tanda dari integritas seseorang. Mengatakan kebenaran secara bertanggung jawab, bahkan ketika merasa tidak enak mengatakannya.

Terhadap kesiapannya maju di DPD maka saat ini pun telah  membawa berkas dukungan ke KPU Sulbar sebanyak 2.000 lebih foto kopi KTP.

 Alasan birokrat senior itu untuk maju sebagai calon anggota DPD RI karena ingin melanjutkan pengabdiannya terhadap Provinsi Sulawesi Barat yang baru terbentuk 13 tahun lalu.

“Saya sudah 35 tahun mengabdi jadi PNS, sehingga saya merasa pengabdian ini harus saya teruskan ke jalur yang lain demi memajukan Sulbar, sehingga dapat sejajar dengan daerah lain,” tuturnya.( acho)

Rekomendasi Berita

Back to top button