Jajaran Bapas Polewali Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila, Kenakan Pakaian Adat Beragam

Polewali, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan Kelas II Polewali yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, kembali menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan penuh khidmat dan semangat kebangsaan. (01/06)

Bertempat di Halaman Kantor Bapas Polewali, upacara itu adalah bentuk penghormatan atas lahirnya dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengingatkan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya.

Dengan mengenakan pakaian adat khas bugis, Kepala Bapas Polewali, Muhammad Basri bertindak sebagai Inspektur Upacara. Semua pegawai dan para pejabat struktural juga mengenakan pakaian adat nasional dengan penuh keberagaman.

Mulai dari pakaian adat Bali, Jawa, Betawi, Bugis, Mandar, Toraja, bahkan Dayak menghiasi pelaksanaan upacara yang penuh semangat itu.

Tak hanya pegawai, beberapa Klien Pemasyarakatan pun turut hadir dalam upacara yang digelar tiap tanggal 1 Juni itu.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang senantiasa menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia untuk lebih maju dan sejahtera.

Kabapas Polewali, Muhammad Basri saat menyampaikan amanat kepala BPIP RI menyebut Pancasila harus selalu dalam jiwa setiap insan warga negara Indonesia serta harus mampu mempedomaninya agar menjadi ideologi yang dirasakan kehadirannya serta manfaatnya oleh seluruh warga negara Indonesia.

Diakhir, Kepala BPIP RI Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama gotong royong merawat anugrah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Usai Upacara, Muhammad Basri menambahkan bahwa setiap pegawai semestinya mengamalkan nilai-nilai pancasila didalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sehari-hari.

Sementara, ditempat lain Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja juga memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Barat.

“Kita wajib amalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila” sambung salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Yasonna itu.

(am)

#MenkumhamRI #YasonnaHLaoly #PamujiRaharja #KamiPasti #KanwilKemenkumhamSulbar #KanwilSulbar #KemenkumhamSemakinPasti #KumhamPasti #KumhamSulbar #NewsKemenkumham @Kumham_Sulbar @NewsKemenkumham

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button