Jasman: Program Pemerintah Daerah Mesti Orientasinya Pemulihan Ekonomi

MajenePandemi COVID-19 yang berkepanjangan, tidak pelak lagi memberikan pukulan pada para pelaku usaha. Di satu sisi mereka harus memastikan keberlangsungan usahanya, namun di sisi lain juga mengedepankan perlindungan kesehatan.

UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional yang memiliki pangsa 99.99% dari total populasi pelaku usaha di Indonesia pun, tentu saja tidak kebal dari dampaknya.

Menyadari hal tersebut, kini Pemerintah meluncurkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang
ditujukan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi termasuk bagi UMKM. Program ini bertujuan agar pelaku usaha dapat terus melanjutkan usahanya dan juga sebagai upaya untuk menekan potensi pengurangan tenaga kerja.

“Pandemmi Covid-19 telah melumpuhkan perekonomian masyarakat. Maka dari itu, pemerintahan yang dinahkodai Bupati dan Wakil Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele dan Arismunandar Kalma (AST-Aris), sudah saatnya merumuskan program utama yang berorientasi upaya pemulihan ekonomi,” kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majene, Jasman kepada mediasulbar.com di Majene, Sabtu, 14/8.

Anggota DPRD Majene, Jasman

Menurutnya, kondisi ekonomi masyarakat Indonesia, termasuk di Majene, kini telah jebol dampak wabah covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

” Masa pandemmi Covid telah berlangsung dua tahun lamanya. Efek dari musibah ini tentu bukan hanya sektor UMKM, namun lebih memiriskan adalah suramnya wajah pendidikan kita yang hingga kini belum bisa mengikuti proses belajar di sekolah akibat wabah virus Corona,” ucap Jasman yang juga mantan aktivitas Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Tidak heran jika politisi muda dari partai Demokrat ini turut merasakan kegelisahan para orang tua murid lantaran kondisi disaat memasuki fase emas perkembangan anak anak, malah waktunya justeru diisi pada kegiatan yang tidak produktif.

Tahun ini begitu banyak beban yang harus kita pikirkan mulai dari upaya percepatan pemulihan ekonomi, pendidikan hingga meminimalisir dampak penyebaran virus Corona,” tutur Jasman.****

Penulis MS

 

 

Rekomendasi Berita

Back to top button