Rabu , Februari 26 2020
Home / Daerah / JUK Dekopinwil Sulbar Berharap Koperasi Penyanggah Economi Sulbar

JUK Dekopinwil Sulbar Berharap Koperasi Penyanggah Economi Sulbar

Mamuju – Pertumbuhan ekonomi disuatu daerah salah satu indikator ukuran kemajuan suatu daerah dan keberadaan koperasi sejatinya menjadi penyanggah ketahanan ekonomi di Sulawesi Barat.

Kepada Mediasulbar.co.id Saat berbincang dengan Direktur Jaringan Usaha Koperasi Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (JUK Dekopinwil) Sulbar, Deddy Irawan, S. Ag, M. Si, mengatakan, usaha koperasi di Sulbar perlu mendapat perhatikan, khususnya oleh pemangku kepentingan yang ada di Sulbar.

Karena Itu kata dia, perlu dilakukan pengembangan jaringan usaha koperasi, sehingga geliat pelaku usaha semakin tumbuh.

“Keberadaan koperasi di Indonesia telah membuktikan diri sebagai penyanggah ekonomi saat krisis melanda negara kita di tahun 1997-1998. Maka dari Itu, perlu kita mendorong agar iklim koperasi-koperasi yang ada di Sulbar tumbuh dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, koperasi juga mampu meredam dengan banyaknya rentenir yang cukup mencekik bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Jaringan usaha koperasi merupakan sebuah wujud keinginan dari masing-masing anggota dalam upaya menjawab tantangan dan peluang usaha. Dasar pemikiran dan konsep kerjasama dalam koperasi adalah menggalang kekuatan dan kemampuan bersama untuk menghadapi persaingan-persaingan yang merugikan,” katanya.

Menurut Dedy Irawan, kerjasama antar koperasi harus berkembang secara wajar sesuai dengan kebutuhan atas pertimbangan praktis, ekonomis dan efesiensi. Hal ini dapat dilakukan dengan pendekatan berdasarkan peranan koperasi secara individual dalam upaya melayani anggota dan masyarakat di sekitarnya dengan baik.

“Dengan demikian, kerjasama antar koperasi harus dijabarkan secara operasional melalui pembangunan koperasi secara bertahap mulai dari tingkat primer melalui cara-cara yang dapat memperkuat kedudukan dan peranannya untuk melayani anggota,” jelasnya.

(***)

About admin

Awalnya saya tak pernah berpikir untuk menjadi jurnalis. Pada tahun 2006, saya dipaksa untuk menjadi pewarta oleh om MP yang saat itu bekerja di koran harian Mercusuar, Palu, Sulteng. Sejak itu, meski harus tertatih-tatih, akhirnya profesi ini saya geluti dengan serius untuk menjadi jurnalis yang profesional. Tepat tahun 2008, saya hijrah dari Palu ke Mamuju untuk mengembankan koran Suara Sulbar. Namun usianya hanya setahun sehingga saya ikut memberanikan diri melamar di perusahaan BUMN LKBN Antara Biro Sulselbar. Bekerja di kantor berita negara ini cukup lama. Bahkan masyarakat Sulbar lebih akrab menyapa nama saya Acho Antara alias A. Acho Ahmad AH. Selepas bekerja di LKBN Antara pada tahun 2017, saya pun mendirikan media online Mediasulbar. Co. Id, sebagai jembatan untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat Sulbar. Kami bertekad kuat, kelak mediasulbar. Co. Id jadi referensi oleh pembaca berita guna kemajuan daerah Tanah Malaqbi Mandar.. Wassalam..
error: Content is protected !!