Kadis Diskoperindag: Kegiatan Usaha Masyarakat Perlu Terus Didorong

Majene,- Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Majene, H. Busri, SE.,M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan usaha masyarakat di Kabupaten Majene perlu untuk terus didorong.

Hal itu diungkapkan oleh Kadis Diskoperindag H. Busri, SE.,M.Si, kepada mediasulbar.com di ruang kerjanya di Kantor Diskoperindag, Rabu, (19/01/2022).

“Kami akan mengupayakan untuk terus mendorong kegiatan usaha masyarakat, yang dibekali dengan SDM agar memiliki pengetahuan dalam meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produksi,” pungkas Busri kepada mediasulbar.com.

Segala produk lokal yang ada di kabupaten Majene akan terus diupayakan untuk didorong guna dapat menambah perekonomian masyarakat dan dapat mengekspos nilai produk lokal yang mempunyai daya saing. Seperti minyak mandar asli, kuliner, dan produk lokal lainnya.

Minyak Mandar asli salah satu produk lokal yang potensial untuk dikembangkan. Namun, dalam hal ini masih banyak kendala yang perlu dievaluasi untuk meningkatkannya.

“Sudah banyak pelatihan yang kami lakukan untuk peningkatan minyak Mandar asli. Namun sekarang ini belum berjalan karena beberapa kendala, seperti produksi minyak Bimoli lebih banyak, dan keawetannya pun tahan lama dibanding dengan minyak Mandar asli. Tapi, kami akan terus mengupayakan untuk meningkatkannya,” ungkapnya.

Terkait dengan waktu pelatihan peningkatan usaha masyarakat, Kadis Diskoperindag belum bisa menyampaikan waktunya secara detail.

“Waktunya belum bisa kami pastikan, tapi kami akan melaksanakan itu,” katanya.

Langkah yang akan dilakukan untuk peningkatan usaha masyarakat dengan melalui pembekalan, pelatihan, dan pemberian modal usaha.

Terkait dengan bantuan kepada UMKM, Posisi Diskoperindag hanya menyampaikan data atau usulan para pelaku usaha ke pusat. Lalu, setelah itu pusat akan melakukan verifikasi yang disampaikan ke Diskoperindag.

“Kami hanya mengirim data ke pusat, lalu diverifikasi siapa-siapa yang keluar namanya untuk dikirim ke Bank yang berhak mendapatkan bantuan,” terangnya.

Keinginan pelaku usaha minyak Mandar asli sangat membutuhkan sarana prasarana dan peningkatan kualitas produk, termasuk di Kecamatan Labuang Utara, direspon baik oleh Kadis Diskoperindag.

“Kami respon baik keinginan masyarakat terkait dengan minyak Mandar asli agar memiliki kemasan berkualitas. Kami akan ikutkan pelatihan sesuai dengan permintaannya,” tutupnya. (MS05/B)

 

Penulis : Budi Pratama

Editor : Irwandi

Produksi : Mediasulbar.com


* Segmen khusus adventorioal Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian*

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button