Kadis DKP Majene Ajak Masyarakat Ikut Awasi Ilegal Fishing

Majene, – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Majene, Ir Hj Ichwanti, MP.A, mengajak seluruh masyarakat Majene untuk sama-sama mengawasi para nelayan ikan ilegal yang tidak ramah lingkungan. Hal itu diungkapkan kepada tim reportase mediasulbar.com, saat ditemui langsung di ruang kerjanya Kantor DKP Majene, jalan Ahmad Yani, Totoli, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (10/03/2022).

“Memang saya masih dengar ini terkait dengan ilegal fishing atau penangkapan ikan secara tidak bertanggungjawab, ini penting bagi kita untuk diperhatikan dari semua unsur, termasuk masyarakat agar sama-sama mencegah ilegal fishing ini,” ujar Ir Hj Ichwanti, MP.A.

Menurutnya, bahwa kegiatan ilegal fishing dapat menyebabkan kerugian yang besar terutama terhadap kelestarian ekosistem perairan yang ada di laut. Di samping itu pula, biasa juga ada kegiatan penangkapan ikan dengan cara-cara yang merusak (destructive fishing).

“Kegiatan ilegal fishing ini memang sangat merugikan, karena banyak penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan, mereka biasa melakukan pemboman ikan dan penggunaan bahan beracun untuk menangkap ikan,” bebernya.

Lanjut kata Ir Hj Ichwanti, MP.A, biasanya masyarakat enggan melapor ke DKP Majene, hanya beberapa saja yang biasa melapor itu pun melalui Polres, namun hal itu tidak pernah ada tindak lanjutnya.

Ichwanti selaku Kepala DKP Kabupaten Majene, berharap agar masyarakat terlibat untuk melakukan pengawasan dan melaporkannya kepada pihak terkait. Untuk prosedur kegiatan pengawasan, DKP Kabupaten akan meneruskan laporan tersebut ke DKP Provinsi untuk melakukan tindak lanjut.

“Setiap ada pertemuan, saya juga selalu sampaikan untuk tidak melakukan ilegal fishing karena memang berbahaya. Biasanya juga ketika ada penangkapan ikan secara langsung di laut, itu kan masyarakat di sana jelas tahu, jadi tolong dilaporkan kalau ada lagi seperti itu,” himbaunya.***(MS05/B)

Penulis Budi Pratama

Editor Aco Antara

Produksi by mediasulbar.com

Rubrik Khusus Advedtorial Dipersembahkan Dinas Kelautan dan Perikanan DKP Kabupaten Majene

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button