oleh

Mantan Kepala Bin Gabung Ke NasDem, Willy Aditya: Bang Yos Adalah Kekuatan Baru

JAKARTA, MediaSulbar.Com-Wakil Ketua Fraksi DPR RI,Willy Aditya mengungkapkan alasan Partai NasDem menerima mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso bergabung ke NasDem

Menurut Willy, kehadiran Sutiyoso dinilai bermanfaat bagi internal Partai NasDem. Jejak langkah dan pengalamannya akan menjadi kekuatan tersendiri bagi NasDem.

Kita bersyukur orang sekapasitas dan sekaliber Bang Yos bisa bergabung dengan NasDem. Tentu banyak hal yang dapat ditransfer dan diteladani dari beliau. Dengan jam terbang beliau sebagai purnawirawan, sebagai gubernur, sebagai ketum partai, sebagai mantan Kepala BIN tentu banyak hal yang bisa bermanfaat bagi NasDem,” ujar Willy di Jakarta, Jumat (18/6).

Sutiyoso menjabat kepala BIN pada 8 Juli 2015 sampai 9 September 2016. Sebelumnya dia menjabat Wakil Komandan Kopassus (1992-1993), Komandan Korem Suryakencana Bogor (1993-1994), Kepala Staf Kodam Jaya (1995-1996) dan Panglima Kodam Jaya (1996-1997). Salah satu operasi militer terkenal yang pernah dilakoni Sutiyoso adalah Operasi Intelijen Perbatasan Timor Timur (penyusupan klandestin)pada 1974.

Lebih lanjut Willy mengatakan, bergabungnya Sutiyoso bukan dalam posisi politik. Menurutnya, Sutiyoso akan lebih berperan seperti pembimbing untuk membantu transformasi dan regenerasi di internal Partai NasDem.

“Posisi beliau lebih kepada proses pengabdian dan dedikasi. Kalau dalam bahasanya Pak Surya (Ketua Umum NasDem Surya Paloh), transformasi dan regenerasi. Yaitu menyiapkan generasi baru, tentu butuh pembelajaran yang komprehensif dan kompleks,” tambahnya.

Bukan hanya itu, Willy juga menyebutkan, kehadiran Sutiyoso menjadi bukti Partai NasDem sebagai partai yang plural dan nasionalis. Sosok Sutiyoso dinilai bisa menjadi kekuatan dan motivasi bagi kader NasDem.

“Tentu dengan posisi beliau di Dewan Pertimbangan NasDem, akan banyak memberikan advice (nasihat) bagi partai. Ini juga menunjukkan, NasDem sangat plural dan garisnya tetap nasionalis,” ujar Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI itu.

Surya Paloh, kata Willy, menyambut baik bergabungnya Sutiyoso ke Partai NasDem. Anggota Komisi XI DPR RI itu mengatakan keduanya memang sudah bersahabat sejak lama.

Sangat terbuka, kan Pak Surya sendiri yang menerima Bang Yos. Beliau bersahabat dengan Pak Surya sudah sangat lama,” tukas Legislator NasDem dari dapil Jawa Timur XI (Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, dan Sampang) tersebut.

Press Rilis

Tentang Penulis: Acho Ahmad

Gambar Gravatar
Pemilik nama lengkap Aco Ahmad Andi Hamid merupakan CEO Mediasulbar Group sekaligus Pendiri dan pemimpin Umum Kantor Berita Online mediasulbar.com kini tengah fokus merambah bisnis industri media dengan meningkatkan performa kualitas sajian berita aktual yang terjadi di daerah. Awalnya saya mencoba belajar jadi koresponden di stasion Metro TV untuk penugasan areal liputan Mamuju pada tahun 2004. Namun saat itu masih sebatas magang dan hanya mampu bertahan beberapa bulan saja. Selanjutnya saya hijrah ke kota Palu di tahun 2006, dan bekerja di koran Harian Mercusuar Sulteng. Seiring berjalannya waktu, tepat akhir tahun 2008, ajakan pulang kampung oleh bapak H Muhammad Saal (Mantan Wakil Bupati Kabupaten Pasangkayu) untuk mendirikan Koran Suara Sulbar yang berkedudukan di Rangas, Mamuju dengan posisi jabatan selaku Pemimpin Redaksi. Namun perusahaan koran ini rupanya usianya hanya setahun saja, sehingga saat itu pun saya cukup stress telah kehilangan pekerjaan. Ujian itu tidak berlangsung lama karena perum LKBN Antara Biro Sulselbar membuka lowongan kerja untuk klasifikasi wartawan. Sebelum mundur di LKBN Antara pada tahun 2017, saya pun sebetulnya lebih awal mendirikan media online Mediasulbar.com dibawah naungan PT Media Sulawesi Barat sejak tahun 2015. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..!!!