Mi’oro Siola Cara Kapolda Bangun Kebersamaan Dengan Masyarakat

Mamuju – Membangun kebersamaan  dalam upaya mewujudkan Keamanan dan Ketertiban (Kamtibmas) di wilayah hukum Polda Sulawesi Barat,  menjadi agenda utama  Kapolda Sulbar yang baru, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si.

Untuk mewujudkan hal itu Pria yang dikenal humoris dan  Spritual ini, langsung melakukan safari kerja  dengan mengunjungi para tokoh-tokoh lintas agama yang ada di pusat Ibu Kota Provinsi Sulbar, maupun yang ada di 6 Kabupaten di daerah ini.

Selain merangkul para tokoh lintas agama, Kapolda  Sulbar  yang  dikenal karna sering memberikan  Ta’lim Darul Mahabbah kepada para jemaat saat menunaikan Sholat Subuh di beberap mesjid. membuat  program  “Mi’oro Siola” yang artinya Duduk Bersama Kapolda.  kegiatan ini digagasnya  sebagai ruang interaksi antar warga masyarakat serta menjadi ruang untuk mendekatkan warga masyarakat denga para Aparat Kepolisian.

“Kita tau semua Pak Kapolri  menginginkan Lembaga Kepolisian RI  yang Profesional, Moderen dan Dipercaya oleh masyarakat. Untuk itu maka seluru polisi mulai dari jenjang atas sampai paling bawah harus dekat dengan masyarakat, melayani masyarakat mendengar keluh-kesa mereka dan yang penting memberikan rasa aman  serta ketertiban. Itulah Filosofi  yang terkandum dalam program ini (Mi’oro Siola-Red). Kata Kapolda sulbar.Bigjen Pol. Baharuddin Djafar.

Program “Mi’oro Siola” atau Duduk Bersama  Kapolda, di lakukan  setiap subuh sesudah jajaran Polda Sulbar yang dipimpin Kapolda melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan warga.

“Jika kita sering melaksnakan musyawarah maka akan berjalan baik semua pekerjaan kita, ada baiknya sebelum kita mengerjakan sesuatu lebih baik kita mengawalinya dengan musyawarah dan rapat dahulu dan jika dalam kehidupan rumah tangga kita ada musyawarah maka rumah tangga kita tenteram, masyarakat kita ajak  shalat subuh bersama untuk dapat berinteraksi antar masyarakat dan polisi namun jika masyarakat belum bisa berinteraksi kepada polisi maka berinteraksilah kepada allah Swt “Jelasnya

Kapolda berharap Kegiatan “Mi’oro Siola” atau duduk bersama Kapolda, ini dapat menjadi salah satu arternatif bagi warga untuk berinteraksi baik antar warga masyarakat  maupun dengan polisi.

Ia juga mengataka bahwa kegiatan Duduk Bersama warga, tak jarang dijadikan sebagai ruang sosialisasi rencana dan agenda kerja yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulbar. “kegiatan ini sangat membantu saya dalam bekerja, karna disini tak jarang saya sering jadikan ruang sosialisasi kegiatan atau agenda kerja polda sulbar. disini juga saya dapat mengetahui apa persoalan yang dialami warga masyarakat, tak jarang masyarakat lebih mau terbuka kepada kita ketimbang kalau forumnya sangat formal.” Ujar Kapolda Sulbar.

Ditemani secangkir air panas (Teh dan Kopi ) serta kue khas mandar,  dibungkus dengan balutan suasanan kebersamaan yang tak berjarak  antar warga masyarakat dengan orang nomer satu di jajaran Korups Bayangkara Sulbar ini seolah menjadi pemandangan berbeda, tak kalah banyak pemimpin dinegeri ini seolah berjarak dengan masyarakat yang dipimpinya. kegiatan ini pun menjadi penegasan bahwa sudah menjad keharusan seorang pemimpin di lembaga dan instansi manapun harusnya tak berjarak dengan rakyat atau masyarakatnya.  (Humas Polda-AND )

 

Rekomendasi Berita

Back to top button