Nilai Ekspor Sulbar Turun 21,92 Persen

MAMUJU— Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat menyebutkan, selama Oktober 2021, nilai ekspor Sulawesi Barat mencapai US$44,03 juta, atau turun 21,92 persen dibanding nilai ekspor pada September 2021.

Kepala BPS Sulbar, Agus Gede Hendrayana mengatakan, Secara kumulatif, nilai ekspor Sulawesi Barat naik sebesar 28,87 persen, dari US$ 397,18 juta untuk periode Januari-Oktober 2020, menjadi US$511,84 juta di periode Januari-Oktober 2021.

“Lemak dan minyak hewani dan nabati merupakan komoditas ekspor utama Provinsi Sulawesi Barat selama Oktober 2021 dengan kontribusi 98,34 persen dari total ekspor Provinsi Sulawesi Barat. China, Filipina, dan Malaysia menjadi negara tujuan utama ekspor Sulawesi Barat selama Oktober 2021,”jelasnya.

Agus menambahkan, Data statistik perdagangan luar negeri, merupakan hasil kompilasi data transaksi perdagangan antar negara, baik transaksi ekspor maupun impor. Data statistik ekspor merupakan data realisasi dari transaksi perdagangan yang bersumber pada dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

“Sedangkan data statistik impor, bersumber pada dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB). Dokumen disahkan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC). Disamping itu, juga berisi informasi mengenai lalu lintas transportasi perdagangan di pelabuhan muat barang ekspor ke negara tujuan dan pelabuhan bongkar dari negara asal barang impor,”tutup Agus.(MS06/D)

Penulis Chupie

Editor Aco Antara

Produksi by media Sulbar.com

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button