Rabu , April 1 2020
Home / Daerah / Polewali Mandar / Pamsimas Tiga Desa di Polman Masuk Tahap Uji Coba
Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kabupaten Polman Arsyad Affandi saat menyampaikan arahan pada acara serah terima program Pamsimas di Desa Riso, Rabu 12/02/2020.

Pamsimas Tiga Desa di Polman Masuk Tahap Uji Coba

Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kabupaten Polman Arsyad Affandi saat menyampaikan arahan pada acara serah terima program Pamsimas di Desa Riso, Rabu 12/02/2020.

POLEWALI – Program Pengelolaan air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tiga Desa di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat (Sulbar) memasuki tahapan uji fungsi.

“Uji fungsi ini dilakukan untuk mengecek apakah sarana prasarana air minum dan sanitasi yang telah dibangun bisa berfungsi dengan baik atau tidak,”jelas Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Polman, Arsyad Affandi, dalam acara sarasehan serah terima kegiatan Pamsimas III Tahun anggaran 2019 di Desa Riso, Kecamatan Tapango, Polman Rabu, 12/2.

Dari hasil uji fungsi ditemukan bahwa seluruh sarana prasarana air minum dan sanitasi yang telah dibangun bisa berfungsi dengan baik.

Arsyad menjelaskan bahwa Pamsimas merupakan program dan aksi nyata pemerintah untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Aksi nyata ini secara khusus untuk menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

Karena itu, ia berharap dengan program itu masyarakat terutama pada tiga desa yakni Desa Tapango, Desa Riso, dan Desa Tapango Barat, bisa merasakan manfaat dari program tersebut, terutama dalam pemenuhan air yang layak untuk kebutuhan sehari-hari.

Dikatakan, jika keberhasilan pembangunan yang di komandoi Kelompok Keseswadayaan Masyarakat (KKM) berawal dari pelaku di tingkat desa yang menyusun program strategis agar berjalan tepat waktu. Tentunya, ini tak tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan oleh fasilitator.

Ditambahkan, dengan tahap uji coba sekaligus diserahkannya sarana tersebut, masyarakat setempat bisa menjaga dengan baik. Pihaknya pun akan terus malakukan pemantauan terutama dalam tahap uji coba ini.

Menanggapi hal itu, salah seorang warga di Desa Riso, Akbar menyapaikan apresiasi yang mendalam atas kepedulian Pemkab Polman yang telah menempatkan salah satu Desanya dalam program Pamsimas tahun 2019.

“Ini menjawab apa yang menjadi keluhan masyarakat selama ini terhadap kebutuhan air bersih. Dan Alhamdulillah, dibawah kepemimpinan Andi Ibrahim Masdar, tahun ini masyarakat pun akan bisa menikmati air bersih yang selama ini sedikit sulit untuk didapatkan,”jelasnya.andi indra

About admin

Awalnya saya tak pernah berpikir untuk menjadi jurnalis. Pada tahun 2006, saya dipaksa untuk menjadi pewarta oleh om MP yang saat itu bekerja di koran harian Mercusuar, Palu, Sulteng. Sejak itu, meski harus tertatih-tatih, akhirnya profesi ini saya geluti dengan serius untuk menjadi jurnalis yang profesional. Tepat tahun 2008, saya hijrah dari Palu ke Mamuju untuk mengembankan koran Suara Sulbar. Namun usianya hanya setahun sehingga saya ikut memberanikan diri melamar di perusahaan BUMN LKBN Antara Biro Sulselbar. Bekerja di kantor berita negara ini cukup lama. Bahkan masyarakat Sulbar lebih akrab menyapa nama saya Acho Antara alias A. Acho Ahmad AH. Selepas bekerja di LKBN Antara pada tahun 2017, saya pun mendirikan media online Mediasulbar. Co. Id, sebagai jembatan untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat Sulbar. Kami bertekad kuat, kelak mediasulbar. Co. Id jadi referensi oleh pembaca berita guna kemajuan daerah Tanah Malaqbi Mandar.. Wassalam..
error: Content is protected !!