Pasar Mekkatta Butuh Perhatian Dispenda Majene

Malunda – Lokasi Pasar desa Mekkatta Kec. Malunda Kab. Majene, Sulbar seperti halnya kandang ternak, kurang ter urus karena disekitar pasar banyak ditumbuhi rumput liar.

Kondisi ini kurang menarik disaksikan, oleh setiap warga yang melintas karena di lokasi ini terdapat rumput liar yang tumbuh Lebat.

Dilokasi ini, di ketahui hanya terdapat 2 lokal bangunan yang berdiri, namun bangunan yang satunya tidak ditempati oleh warga dalam berkegiatan sebab kondisinya sudah mulai lapuk dan kotor.

Bangunan pasar yang berdiri sejak tahun 2019 ini, hanya difungsikan sebagai sarana belajar mengajar bagi guru dan siswa SD 4 Mekkatta untuk sementara waktu.

Di bangunan pasar inilah para pemuda juga sering melakukan kegiatan masyarakat. baik yang sifatnya ritual maupun seremonial.

Tampak pada beberapa sudut, bangunan pasar mulai lapuk, bahkan tidak layak untuk ditempati.

Armin, selaku pengelolah pasar mengatakan bahwa, pasar Mekkatta, bukan status pasar pemerintah, melainkan pasar Desa. Sehingga selama ini, retribusinya di kelolah oleh pemerintah desa.”ungkapnya.

Pasar Mekkatta itu pasar desa, Berbeda dengan pasar yang ad dimaliaya. Kami, yang retribusinya dikelolah oleh pemerintah kabupaten Majene. Dalam hal ini, dinas pendapatan daerah ( Dispenda ).

Olehnya itu Armin, berharap agar pasar desa mekkatta bisa berubah statusnya menjadi pasar pemerintah.”ucap Armin.

Menurutnya, harusnya pemerintah desa merubah status pasar mekkkatta ini sebagai pasar pemerintah dengan berkordinasi dengan Dispenda mejene.

Selain itu, seorang pedagang pasar yang pernah menjual disitu menyampaikan bahwa pasar Mekkatta sudah tidak beroperasi disebabkan oleh karena banyaknya pasar yang bersamaan. Sehingga dirinya berharap agar pemerintah kecamatan bisa mengatur jadwal hari pasar tersebut.

“Saya sendiri pak pernah berdagang disitu, cm berhenti seban kurang mendukung lokasinya, ditambah kurangnya fasilitas pendukung untuk jualan seperti yang ada dipasar tetangga.

Harapan pedagang pasar, agar status pasar tersebut, dapat ditingkatkan menjadi pasar pemerintah.**

Rekomendasi Berita

Back to top button