PDI Perjuangan Buka Kesempatan Pemuda Indonesia Peroleh Beasiswa LPDP

Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan membuka kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk memperoleh beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pada acara Sosialisasi Peluang Beasiswa LPDP, di Kantor DPP PDIP, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (09/11/2021), Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga mengatakan PDIP siap membantu calon mahasiswa yang ingin memperoleh beasiswa LPDP.

Eko menyatakan PDIP akan menyampaikan kepada LPDP apabila ada calon mahasiswa tidak lolos seleksi beasiswa, sehingga mereka juga bisa mengajukan lewat PDIP.

“Nanti bisa melalui website PDI Perjuangan nanti kami akan bantu untuk menyalurkan. Ini sejalan dengan pesan Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri yang memerintahkan kami, partai politik, bukan hanya bicara soal kekuasaan. Tetapi bagaimana bisa bermanfaat bagi masyarakat seutuhnya,” jelas Eriko dikutip dari kliksaja.



Menurut dia, acara ini dilaksanakan karena Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menginginkan LPDP agar memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda untuk berkuliah, khususnya menuntut ilmu murni.

“Ibu Mega menitipkan pesan, kemarin kebetulan kami diskusi lama, beliau menitipkan pesan agar LPDP juga jangan lupa mengkhususkan bagi ilmu-ilmu murni. Itu matematika, biologi, fisika, kimia,” kata Eriko.

Pihaknya ingin LPDP memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi generasi muda Indonesia karena semangat yang sama juga pernah diwujudkan Presiden RI Pertama Soekarno, yang pernah mengirimkan puluhan ribu mahasiswa Indonesia ke luar negeri untuk menuntut ilmu.

PDIP ingin anak-anak muda Indonesia saat ini memiliki ilmu yang tinggi sehingga bisa mewujudkan Indonesia yang berdikari.

“Itu yang diajarkan Bung Karno melalui Trisaksi bahwa berdiri di atas kaki sendiri. Supaya generasi mengambil alih dengan pengetahuannya mengelola Indonesia dengan lebih baik,” tegas Eriko.

PDIP pun meminta anak-anak muda Indonesia agar percaya diri menuntut ilmu setinggi-tingginya.

“Jadi sekali lagi gantungan cita-cita kita. Kita ingin Indonesia yang tangguh,” tandas dia.

PDIP juga mengapresiasi LPDP yang telah memberikan beasiswa kepada 28 ribu mahasiswa, sementara masih 6 ribu yang sedang dalam proses beasiswa.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri juga oleh Anggota Komisi X DPR Andreas Pareira, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto, dan Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto secara daring.

Andreas Pareira mengingatkan agar anak muda diberikan pendidikan yang baik karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ada 65 juta penduduk usia muda atau 25 persen dari populasi. Selain itu, terdapat 52 persen generasi Y dan Z.

“Generasi muda harus tangguh untuk menghadapi Indonesia emas 100 tahun pada 2045. Bayangkan sekarang kalau mereka mengambil S2 dan S3 di usia-usia 25, ini 2045 mereka usia 49 tahun, itu mereka yang akan mengelola Indonesia berdasarkan Pancasila,” kata Andreas. (*)

 

(MS02/D)

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button