Pembacaan Putusan Kasus Dugaan Korupsi APBD Sulbar Ditunda

MAMUJU-Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Mamuju menunda membacakan putusan terhadap empat mantan pimpinan DPRD Sulbar terdakwa kasus dugaan korupsi APBD Sulbar Tahun 2016, Kamis (6/8/2018).

Didepan empat terdakwa, Penasehat Hukum, Jaksa Penuntut Umum, dan pengunjung sidang, Ketua Majelis Hakim Beslin Sihombing menyampaikan penundaan pembacaan tuntutan tersebut.

“Kekurangannya hanya tinggal sedikit saja, karena tidak mungkin dan tidak fair, membacakan putusan yang tidak lengkap, sekali lagi kepada terdakwa, penasehat hukum, jaksa penuntut umum dan seluruh pengunjung, mohon maaf kami tidak dapat membacakan putusan yang tidak lengkap, karena itu melanggar hukum,” ucap Beslin Sihombing.

Meski demikian, pembacaan putusan tetap akan dilaksanakan pada hari Senin, 10 September mendatang. Ia juga memastikan, pembacaan putusan tersebut tidak akan melewati akhir masa tahanan terdakwa yang berakhir tanggal 14 September.

“penyelesaian perkara ini dibatas oleh limitasi waktu, jadi kami akan pastikan itu akan selesai minggu ini. Karena sekarang hari Kamis dan tidak pas kita bacakan pada hari Jumat, maka dari hasil musyawarah majelis hakim, itu akan kita bacakan di hari Senin.Kalau masa tahanan Itu sudah kita perhitungkan, tidak boleh lewat dari itu,” kuncinya.

Keputusan penundaan pembacaan putusan ini, tak terlihat keberatan dari penasehat hukum terdakwa. Hal itu terlihat saat Majelis Hakim mempersilahkan Penasehat Hukum memberikan tanggapan atas putusan itu.

“Tidak ada yang Mulia,” ucap Penasihat Hukum Terdakwa menjawab Pertanyaan Majelis Hakim.(Sid/Acho)

Rekomendasi Berita

Back to top button