Pembekalan Akhir Dipandu Gunakan Dua Bahasa, 27 Siswa MTs Guppi Mekkatta Ikuti Pembekalan Akhir

MALUNDA – Madrasah Tsanawiyah Guppi ( MTs Guppi) Mekatta, Kecamatan Malunda Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, yang telah selesai melaksanakan kegiatan pembekalan akhir peserta didik yang berlangsung di Aula gedung MTs Guppi Mekkatta, Kamis, 16 Mei 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Nadrasah setelah para peserta didik selesai mengikuti ujian madrasah atau Assesment Madrasah (AM) secara Oniline selama 7 hari sebelumnya.

Mengusung tema menyambut masa depan yang gemilang, menjadi generasi yang berkarakter, acara di buka dengan pembacaan ayat suci alquran, dilanjutkan oleh pengantar ketua pelaksana acara Ramli, S.Ag.

Dalam pengantarnya, Ramli menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak terkait di madrasah, orang tua siswa, dewan guru, kepala madrasah atas segala dukungan moril dan materil dalam kegiatan tersebut, sehingga bisa terlaksana dengan baik, dan lancar.

“Terkait dengan tulisan di spanduk ini, memang tertulis pembekalan Akhir, tetapi sesungguhnya adalah penamatan dan perpisahan siswa. Jadi kita menyesuaikan petunjuk tehnis (juknis bos) yang ada. seperti itu.”Ucap ramli di hadapan tamu undangan yang hadir.

Selaku ketua pelaksana acara, Ramli memberikan ucapan selamat kepada para siswa yang telah berhasil mengikuti Asesment madrasah sekaligus pembekalan akhir selaku peserta didik.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh siswa dan orang tua siswa karena telah dapat selesai dan membangun kerjasama yang baik dengan pihak madrasah. semoga para siswa kita ini bisa terus melanjutkan sekolahnya ke tingkat selanjutnya. Ucap Ramli.

Berdasarkan laporan hasil assesment madrasah yang di bacakan oleh Nuraida, S.Pd, di ketahui bahwa 27 orang siswa tersebut, terdiri atas 15 orang siswa laki laki dan 12 orang siswa perempuan yang berhasil selesai dengan baik dan mengikuti pembekalan akhir peserta didik.

Dalam Standart Operasional procedur atau SOP asesment madrasah dilakukan untuk dapat mengukur kemampuan dan ketercapaian peserta didik selama ujian dari semua aspek penilaian selama 7 hari berbasis android atau Online.” Kata Nuraida.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Desa Mekkatta, Ketua MUI Kec. malunda, Staf KUA Kec.malunda, tokoh masyarakat, Mekkatta, serta para orang tua siswa yang tampak menyimak pesan dan kesan yang disampaikan oleh para siswa.

Dalam acara ini, pihak madrasah juga memberikan cendramata kepada tiga orang siswa berprestasi. Antara lain Muh.fahri, mahfud, dan Annisa rayani didampingi oleh orang tua masing masing.

Memasuki acara sambutan, Kepala MTs Guppi Mekkatta, Muhammad Jufri, S.Ag menyampaikan bahwa keberadaan atau eksistensi MTs GUPPI Mekkatta selama ini tidak terlepas dari dukungan tokoh masyarakat di dusun samalio desa Mekkatta hingga bisa berkembang Sampai saat ini.

“Membangun atau menghidupkan madrasah itu tidak gampang, sebab bisa jadi hari ini kita eksis kita berjalan, tetapi belum tentu hari esok akan terus berjalan mulus sesuai dengan harapan kita bersama.” Ungkap Muhammad Jufri.

Olehnya itu, dirinya berharap agar MTs GUPPI ini bisa terus berkembanh. jangan sampai kandas ditengah jalan. Sebab para orang tua kita terdahulu sangat bersusah payah, berkolaborasi secara berkelpmok untuk mendirikan madrasah ini. Ucapnya.

Selaku Kepala Madrasah, Muhammad Jufri menyampaikan bahwa sekarang ini adalah era digitisasi, semua serba Online, semua pekerjaan dikendalikan oleh tehcnology modern. Jika dibandingkan dengan jaman dulu yang masih manual. Itu artinya bahwa dunia ini seperti dalam genggaman kita.

Olehnya itu, ia mengharapkan kepada seluruh siswa dalam pembekalan ini agar terus menyiapkan diri dengan menguasai bahasa, dan cepat beradaptasi.

Teruslah mengasah diri. Memacu diri. Agar bisa bermanfaat kepada sesama umat manusia. Kemampuan literasi dan numerasi sangat ditentukan oleh kualitas kemampuan kita berada di lingkungan masyarakat. Itulah mengapa soal ujian dibuat panjang panjang untuk bisa mengukur kemampuan literasi dan numerasi kita. Urai Muhammad Jufri mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Kepala desa Mekkatta mengampaikan sambutannya dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa dan orang tua siswa Untuk dapat terus melanjutkan pendidikan dan tidak ber putus asa.

“Saya menyimak tadi begitu kompaknya para siswa dalam berpantun dan menghibur kita. Itu artinya bahwa anak anak kita punya potensi besar untuk menggapai cita-citanya ketingkat selanjutnya. Ucap kades Muh.Haeruddin.

Olehnya itu, kepada para siswa agar teruslah menutut ilmu. Dan kepada orang tua untuk terus mendorong anaknya agar bisa terus melanjutkan sekolahnya agar bisa bersaing dan berhasil sesuai harapan para orang tua. Harapnya.

Acara berakhir dengan istirahat dan pembacaan doa oleh Abdul Kadir, S.PdI staf KUA Kec.. Malunda, di tutup dengan penampilan tarian mandar oleh siswa MTs GUPPI Mekkatta.**

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button