Pemdes Limbua Tindaklanjuti Surat Bupati Terkait Perangkat Desa

MAJENE – Pemerintah Desa (Pemdes) Limbua, Kecamatan Sendana segera menindaklanjuti surat edaran Bupati guna melakukan pembenahan perangkat desa dengan tetap mengacu Undang -Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 83 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa sebagaimana telah diubah dalam Permendagri Nomor 67 Tahun 2017. 

“Kami segera menindaklanjuti surat edaran bupati yang telah kami terima terkait perangkat desa. Prinsipnya, kita ingin bekerja lebih baik dengan tetap mengacu pada regulasi aturan yang ada. Jangan kita membiarkan ada aturan yang kita labrak sehingga regulasi yang mengatur malah kita abaikan,” kata Penjabat Kepala Desa Limbua, Andi Arman, SE, MM di Majene, Jum’at, 29/12/2023.

Menurutnya, perangkat desa yang bakal dilakukan evaluasi seperti regulasi pengangkatan kepala dusun yang dianggap harus ditertibkan dengan dasar regulasi Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2014 serta peraturan Permendagri tersebut.

“Jadi, ada beberapa perangkat desa yang sudah harus diganti dan akan mengangkat perangkat desa yang baru,” katanya.

Ia menegaskan, evaluasi ini penting dilaksanakan untuk memastikan proses pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dilakukan secara bersih dan memiliki bobot bukan atas perasaan suka dan tidak suka kepada orang tertentu.

Dengan menjalankan mekanisme sebagaimana tersebut di atas secara taat dan patuh, seharusnya pemberhentian perangkat desa tidak menjadi persoalan.**”

 

Penulis Acho Antara
Editor Redaksi

 

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button