Pemkab Mateng Canangkan Kampung KB di Korossa

Segmen Khusus Ini Dipersembahkan Pemkab Mateng

Mamuju Tengah – Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat, melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) mencanangkan Kampung KB di Desa Karossa, Kecamatan Karossa, Selasa, (14/11).
Pencanangan kampung KB ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menekan ancaman ledakan jumlah penduduk yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Proses pencanangan ini dihadiri langsung Asisten II, Wakil Ketua II DPRD Mateng, H. Hasanuddin S, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mateng, camat karossa, Humas Perwakilan BKKBN Provinsi Sulbar, Perwailan TNI, Perwakilan Polisi serta ratusan masyarakat Desa Karossa.

Kadis P2KBP3A Pemkab Mateng Setya Bero, dalam sambutannya mengatakan, Kampung KB ini dibentuk berdasarkan arahan dari Presiden RI melalui surat edaran Mendagri Nomor 440/70/SJ tanggal 11 Januari 2016 perihal pencanangan dan pembentukan Kampung KB di seluruh Indonesia.

“Pada tahun 2016 telah mencanangkan satu Kampung KB yaitu di Desa Kambunong. Ditahun 2017 ini Pelaksanaan pencanangan untuk 6 Kampung KB tersebut telah dilaksanakan disemua kecamatan tinggal Kecamatan Tobadak akan di laksanakan lounching kampung KB 15 November 2017 besok,” ungkapnya.
Dengan terbentuknya kampung KB ini lanjutnya, maka keseluruhan aspek masalah yang terjadi pada desa diharapkan dapat diatasi dengan melakukan penanganan masalah dengan terintegrasi yang melibatkan sektor terkait.

Sementara Asisten II Setda Mateng, Yusuf Unja menyampaikan, Kampung KB ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara, serta memiliki kriteria tertentu. Dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga (KKBPK) dengan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Lebih lanjut disampaikan Asisten II, bahwa pelaksanaan program Kampung KB lebih fokus pada masyarakat kurang mampu dan masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan.

Dengan Launching Kampung KB kata Yusuf Unja, maka program KB diharapkan dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat terutama yang berada di desa-desa, dusun-dusun di seluruh Indonesia.

“Mari Kita tingkatkan kerjasama, kekompakan agar Kampung KB menjadi kebanggaan kita bersama dan semakin jaya,” harap Asisten. (advedtorial)

Rekomendasi Berita

Back to top button