oleh

Pemuda Ulumanda: Sulbar Butuh Pemimpin Berlatar Belakang Akademisi

MAJENE – Akademisi memiliki jiwa pendidik. Jiwa pendidik tersebut tentu memiliki kemampuan mumpuni untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Akhir-akhir ini publik Sulawesi Barat mulai memperbincangkan sosok tepat untuk kepemimpinan di Sulawesi Barat, seiring masa jabatan gubernur tinggal setahun lagi. Meski demikian, beberapa nama mulai diperbincangkan siapa diantara mereka akan memimpin daerah ini pada gelaran pemilihan gubernur tahun 2024?, Bagi saya tentu merespon positif atas keinginan Prof Husain Syam yang saat ini menjadi Rektor UNM Makassar, yang hendak pulang kampung untuk mengikuti tahapan Pilgub mendatang,” kata Yusuf Tandroaji kepada mediasulbar.com di Majene, Minggu, 3/5/2021.

Menurutnya, sudah banyak pemimpin gubernur, walikota, bupati yang lahir dari latar belakang akademisi. Nah, untuk kontestasi politik Pilgub Sulbar, maka PHS (Prof Husain Syam) ideal diberikan kesempatan untuk mewujudkan percepatan pembangunan, termasuk menyiapkan generasi muda Sulbar yang unggul.

Yusuf Tandroaji mengaku, saat ini kepemimpinan di daerah ini dalam kondisi kurang baik, sehingga perlu ada perubahan kepemimpinan di Sulbar.

Apalagi kata dia, daerah Majene sebagai kota pendidikan tentu dibutuhkan sosok seperti PHS untuk memajukan investasi di sektor pengembangan dunia pendidikan hingga akademik.

Prof Dr H Husain Syam

Yusuf menyebutkan, seorang pemimpin hendaknya  mengacu kepada data. Hal ini dapat menjadi dasar dalam merealisasikan terhadap ucapan dan kebijakan yang telah diputuskan.

“Bekerja dengan konsep data ini menjadi kebiasaan bagi seorang akademisi. Karena seorang akademisi itu punya pemahaman dasar dari data yang diambil secara empiris. Secara statistik, data tersebut dapat dipertanggungjawabkan, yaitu valid dan realiable,. Jadi, pemimpin tidak asal ‘bunyi’ saja,” ujarnya.

Saat ini kata dia, masa pandemmi virus Corona semakin memperburuk suasana pendidikan kita. Persoalan buruknya suasana pendidikan akan bisa melahirkan solusi untuk kemajuan pendidikan di daerah jika kita memberikan peluang terhadap sosok PHS yang memiliki pemahaman paripurna terkait persoalan pendidikan, ekonomi dan persoalan umum lainnya.***

Penulis Acho Antara

Tentang Penulis: Acho Ahmad

Gambar Gravatar
Pemilik nama lengkap Aco Ahmad Andi Hamid merupakan CEO Mediasulbar Group sekaligus Pendiri dan pemimpin Umum Kantor Berita Online mediasulbar.com kini tengah fokus merambah bisnis industri media dengan meningkatkan performa kualitas sajian berita aktual yang terjadi di daerah. Awalnya saya mencoba belajar jadi koresponden di stasion Metro TV untuk penugasan areal liputan Mamuju pada tahun 2004. Namun saat itu masih sebatas magang dan hanya mampu bertahan beberapa bulan saja. Selanjutnya saya hijrah ke kota Palu di tahun 2006, dan bekerja di koran Harian Mercusuar Sulteng. Seiring berjalannya waktu, tepat akhir tahun 2008, ajakan pulang kampung oleh bapak H Muhammad Saal (Mantan Wakil Bupati Kabupaten Pasangkayu) untuk mendirikan Koran Suara Sulbar yang berkedudukan di Rangas, Mamuju dengan posisi jabatan selaku Pemimpin Redaksi. Namun perusahaan koran ini rupanya usianya hanya setahun saja, sehingga saat itu pun saya cukup stress telah kehilangan pekerjaan. Ujian itu tidak berlangsung lama karena perum LKBN Antara Biro Sulselbar membuka lowongan kerja untuk klasifikasi wartawan. Sebelum mundur di LKBN Antara pada tahun 2017, saya pun sebetulnya lebih awal mendirikan media online Mediasulbar.com dibawah naungan PT Media Sulawesi Barat sejak tahun 2015. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..!!!

News Feed