Penayangan Iklan Kampanye di Media Massa, KPU Hanya Fasilitasi Calon DPD

Sampai Saat Ini Baru Tiga Calon DPD Terfasilitasi

Mamuju – Penayangan iklan kampanye peserta Pemilu 2019 di media massa akan dimulai pada 24 Maret hingga 13 April mendatang. Namun, tidak semua peserta pemilu akan difasilitasi KPU Sulawesi Barat.

“KPU Provinsi (Sulbar) hanya memfasilitasi penanyangan iklan peserta pemilu bagi calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah),” kata Plh Sekretariat KPU Sulbar, Baharuddin di Mamuju, Sabtu, 23/3).

Sedangkan peserta pemilu lain, baik calon presiden dan wakil presiden, serta DPRD, tidak difasilitasi KPU Sulbar. Itu berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 581/PI.02.4-Kpt/06/KPU/III/2019 tentang Perubahan Atas Keputusan Nomor 291/PL.02.4-Kpt/06/KPU/I/2019 tentang Petunjuk Teknis Fasilitas Penayangan Iklan Kampanye Melalui Media Bagi Peserta Pemilu 2019.

Hal ini juga dikatakan salah satu staf KPU Sulbar, PabloKurniadi terkait materi tayangan iklan kampanye bagi calon DPD.

Fablo menjelaskan, untuk desain materi kampanye dipersiapkan masing-masing calon anggota DPD. Kemudian, diberikan kepada pihaknya untuk dievaluasi. Bila sudah sesuai ketentuan, diserahkan ke media untuk ditayangkan.

Desain materi iklan kampanye, kata Fablo, harus sesuai juknis. Yakni, mencantumkan nama dan nomor urut calon anggota DPD, visi dan misi, serta program, foto calon anggota DPD, serta foto tokoh yang melekat pada citra diri calon anggota DPD.

Untuk ketentuan yang terakhir soal foto yang melekat pada citra diri tidak diperkenankan tokoh tersebut merupakan dari partai politik, dan calon presiden.

“Sampai Hari ini, kami baru menfasilitasi empat calon DPD RI diantaranya calon nomor uruut 42 Naskah Mahmud Nabhan, calon nomor urut 23 H Almalik Pababari, calon nomor urut 39 H Muhammad Thamrin Endeng dan calon nomor urut 27 H Hamzah Sula. Lainnya belum ada yang memasukkan data tayangan iklan melalui media online,” ucap Fablo. (acho)

Rekomendasi Berita

Back to top button