oleh

PMI Sulbar Kembali Salurkan Bantuan Non Tunai Bagi Korban Gempa

-Daerah, Majene-1.388 views

MAJENE – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulbar Enny Anggareni Anwar Kembali menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban Gempa Bumi di Kabupaten Majene 17 Juni Kemarin  bertempat di kantor Kecamatan Malunda.

Bantuan kali ini berupa uang tunai senilai Rp 2 juta rupiah untuk 691 Kepala Keluarga (KK)  penerima manfaat.

Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh Ketua PMI Sulbar Enny Anggareni Anwar,  perwakilan PMI Pusat, Ketua PMI Majene Patmawati Fahmi yang turut disaksikan perwakilan Bupati Staf Ahli Bidang Kesra, Kepala BPBD Majene, perwakilan Kadis Sosial dan Camat Malunda.

Ketua PMI Sulawesi Barat Enny Angraeny Anwar menyampaikan bantuan non tunai tersebut untuk masyarakat penyintas gempa yang bukan dari kalangan PNS, TNI-Polri dan pensiunan yang selama ini belum tersentuh bantuan baik dari NJO manapun.

“Sehingga sebelum penyaluran, PMI Kabupaten Majene telah melakukan berbagai assesment yang ketat dan diperolehlah data 691 KK tersebut,” kata Enny Anggareni yang juga menjabat Wakil Gubernur Sulbar.

Lanjut Enny, Ia Mengatakan kami sudah melakukan assesment ke Pemda dan NJO bahkan sudah di uji publik sehingga data yang ada bisa dipertanggungjawabkan.

“Kriterianya  penerima hanya satu orang dalam keluarga, penyandang disabilitas, wanita hamil menyusui dan memiliki balita,  perempuan sebagai kepala keluarga, dan anak tanpa pendampingan dan kriteria lainnya,” Ujarnya.

Enny juga berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat, bukan untuk kepentingan konsumtif tapi bisa di gunakan untuk membeli sembako, membuka usaha kecil-kecilan, biaya masuk sekolah di tahun ajaran baru.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Majene Patmawati Fahmi  juga menjelaskan untuk penyaluran ke penerima manfaat, tidak bisa diberikan secara langsung saat itu juga mengingat situasi pandemi covid 19 yang mengharuskan penyaluran harus di atur berdasarkan  protokol keehatan.

Ia juga melaporkan untuk markas PMI Majene di Malunda telah berakhir dan selama proses assesment berlangsung mereka di fasilitasi oleh pemerontah Kecamatan dan Desa.

“ Selama enam bulan ini, sejak Gempa 16 Januari lalu PMI Majene sudah dilokasi hingga saat ini ini membuktikan komitmen kami untuk tetap bersama masyarakat yang menjadi korban dan bantuan dari PMI sudah berkali kali masuk tidak terhitung lagi” ucapnya.***

Penulis: Irawandi

Tentang Penulis: Acho Ahmad

Gambar Gravatar
Pemilik nama lengkap Aco Ahmad Andi Hamid merupakan CEO Mediasulbar Group sekaligus Pendiri dan pemimpin Umum Kantor Berita Online mediasulbar.com kini tengah fokus merambah bisnis industri media dengan meningkatkan performa kualitas sajian berita aktual yang terjadi di daerah. Awalnya saya mencoba belajar jadi koresponden di stasion Metro TV untuk penugasan areal liputan Mamuju pada tahun 2004. Namun saat itu masih sebatas magang dan hanya mampu bertahan beberapa bulan saja. Selanjutnya saya hijrah ke kota Palu di tahun 2006, dan bekerja di koran Harian Mercusuar Sulteng. Seiring berjalannya waktu, tepat akhir tahun 2008, ajakan pulang kampung oleh bapak H Muhammad Saal (Mantan Wakil Bupati Kabupaten Pasangkayu) untuk mendirikan Koran Suara Sulbar yang berkedudukan di Rangas, Mamuju dengan posisi jabatan selaku Pemimpin Redaksi. Namun perusahaan koran ini rupanya usianya hanya setahun saja, sehingga saat itu pun saya cukup stress telah kehilangan pekerjaan. Ujian itu tidak berlangsung lama karena perum LKBN Antara Biro Sulselbar membuka lowongan kerja untuk klasifikasi wartawan. Sebelum mundur di LKBN Antara pada tahun 2017, saya pun sebetulnya lebih awal mendirikan media online Mediasulbar.com dibawah naungan PT Media Sulawesi Barat sejak tahun 2015. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..!!!