Rutan Majene Gandeng LBH Tombak Keadilan Beri Penyuluhan Hukum Warga Binaan

RutaNe_Info, MAJENE – Sebanyak 41 orang Tahanan Rutan Kelas IIB Majene mendapatkan penyuluhan hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Tombak Keadilan di Ruang Aula Assmalewuang Rutan Majene. (9/12)

Penyuluhan hukum itu adalah sebagai upaya untuk meningkatkan dan memberi edukasi kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani proses hukum, yakni para tahanan Rutan ataupun Lapas.

Ketua Tim LBH Tombak Keadilan Cabang Majene, Hasrafuddin mengutarakan “Penyuluhan diharapkan bisa memastikan setiap tahanan benar-benar mendapatkan pendampingan hukum yang diperlukan. Sehingga proses peradilan berjalan dengan adil dan sesuai dengan prinsip hukum yang berlaku”.

Kasubsi Pelayanan Tahanan, Muhammad Ikhsan berharap ke 41 tahanan yang mengikuti penyuluhan hukum itu dapat dipastikan mendapatkan hak-haknya terutama saat proses peradilan.

“Ini sangat penting, warga binaan harus tahu seluk beluk proses hukum yang mereka jalani agar hak-hak mereka saat persidangan berjalan dengan adil”. ucap Muhammad Ikhsan.

Sementara, Kepala Rutan Majene, Syahruddin menyebut penyuluhan hukum sama dengan pendampingan hukum, yang mana mampu memberikan perlindungan hukum yang efektif kepada warga binaan, menciptakan keadilan, serta meningkatkan pemahaman mereka terkait proses hukum yang mereka jalani.

Seperti yang diutarakan Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Marasidin beberapa pekan lalu bahwa seluruh Lapas dan Rutan harus bersinergi dengan para LBH untuk memberikan penyuluhan hukum kepada warga binaan karena hal itu juga merupakan pemenuhan hak warga binaan. (am)

@Kumham_Sulbar @marasidin @NewsKemenkumham #KANWILKEMENKUMHAMSULBAR #KanwilSulbar #KumhamSulbar #Yasonna #Marasidin

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button