Sekprov Sulbar Buka Rapat Temu Konsultasi Pertanahan Transmigrasi

Segmrn Khusus/ Advedtorial Dipersrmbahkan Dinas Transmigrasi Sulbar

Mamuju – Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat, Drs.H.Ismail Zainuddin secara resmi membuka acara temu konsultasi pertanahan transmigrasi yang berlangsung di Hotel D Maleo, Mamuju, Srnin, 24/4.

Kegiatan temu konsultasi ini dihadiri langsung Dirjen PKP2 Transmigrasi Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi, para kepala dinas transmigrasi se Sulbar, para kepala pimpinan badan pertanahan dan sekda Bojonegoro.

Sekprov menyampaikan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui permasalahan yang ada dilokasi dalam hal kepemilikan lahan serta pemetaan Hak Penguasaan Lahan ( HPL).

Peserta rapat temu.konsultasi pertanahan dinas transmigrasi tingkat provinsi Sulbar. ( acho)

Kegiatan temu konsultasi ini juga upaya pemerintah untuk memudahkan layanan dalam penerbitan sertifikat lahan.

” Kita menginginkan agar pelayanan pembuatan sertifikat lahan dipermudah bagi warga transmigrasi. Ini penting, agar ada kepastian kepemilikan lahan bagi warga transmigrasi,” pesan Sekprov.

Dengan adanya sertifikat tanah, diharapkan tidak ada lagi permasalahan lahan yang melanda masyarakat transmigrasi, sehingga pengelolaan lahan yang diperuntukkan untuk pertanian atau perkebunan dapat dilakukan dengan maksimal yang berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Adanya legalitas tanah ini diharapkan menjadi pemicu masyarakat dalam mengelola lahan agar lebih produktif untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ismail.

Ia berharap, pertemuan antara pertanahan dengan dinas transmigrasi menuai hasil optimal sehingga Sulbar benar benar ada kepastian hukum kepemilikan lahan.

” Kita tidak mau warga transmigrasi tak betah dilingkungan akibat ketidakpastian kepemilikan lahan. Ini yang harus menjadi perhatian bersama- sama,” tutup Ismail. ( adv)

Rekomendasi Berita

Back to top button