Kamis , Mei 13 2021
Home / Daerah / Sekprov Sulbar Hadiri Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Mamuju

Sekprov Sulbar Hadiri Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Mamuju

MAMUJU – Sekprov Muhammad Idris menghadiri kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mamuju Tahun 2021-2026, di Rujab Bupati Mamuju (Sapota), Jumat 16 April 2021.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris, pada kesempatan itu menyampaikan mengenai salah satu tugas pemerintahan, yaitu mengakomodasi berbagai kepentingan, seperti pemberdayaan perempuan.
“Hal ini yang paling banyak muncul, karena generasi muda perlu diberdayakan, perempuan mau diberdayakan, kelompok-kelompok aktivitas mau diberdayakan. Semua ini perlu diantisipasi,”tandas Idris.

Selain itu, sambung Idris, pemerintahan juga memiliki fungsi pelayanan. Menurutnya, fungsi tersebut merupakan hal yang paling berat, pasalnya pelayanan semakin hari semakin bertambah seiring kebutuhan sehari-hari semakin meningkat.

Bupati Mamuju St. Sutinah Suhardi menyampaikan terimah kasih dan apresiasi kepada semua pihak karena proses perencanaan pembangunan telah memasuki tahap konsultasi publik rancangan awal RPJMD Kabupaten Mamuju Tahun 2021-2026.

“Diharapkan perencanaan pembangunan benar-benar terkoneksi dari hulu ke hilir serta terintegrasi antar semua sektor, sehingga RPJMD dapat dilaksanakan tepat sasaran,”ucap Sutinah.

Disampaikan, saat ini Pemkab Mamuju mengacu pada visi misi Mamuju Keren sebagai semangat dalam penyusunan program, yang pelaksanaannya harus melalui mekanisme-mekanisme yang telah ditetapkan.
“Pada kenyataannya proses perencanaan pembangunan yang telah dilaksanakan tidak semulus yang dibayangkan, karena hal ini dipengaruhi oleh adanya faktor bencana gempa bumi yang mengguncang Mamuju,”kata Sutinah
Gempa bumi, lanjut Sutinah, telah mengubah semua kondisi dari segala aspek. Oleh sebab itu perencanaan pembangunan harus lebih mengikuti kondisi yang ada, agar pelaksanaan pembangunan benar-benar sesuai kebutuhan.
Ia menambahkan, orientasi pembangunan untuk lima tahun kedepan yang akan diprogramkan sebagai penjabaran visi antara lain, mewujudkan tatakelolah pemerintahan yang baik, meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik dan lingkungan hidup, mewujudkan aksebilitas dan kualitas bidang pelayanan pendidikan, kesehatan dan sosial. Kemudian mewujudkan daerah yang beradab dengan mengedepankan pendekatan agama dan budaya, serta mewujudkan daya saing ekonomi daerah berbasis inovasi dan potensi lokal.
“Lakukanlah perencanaan dengan baik, karena hari esok adalah milik orang-orang yang merencanakan hidup hari ini,”pungkasnya

About admin

Awalnya saya tak pernah berpikir untuk menjadi jurnalis. Pada tahun 2006, saya dipaksa untuk menjadi pewarta oleh om MP yang saat itu bekerja di koran harian Mercusuar, Palu, Sulteng. Sejak itu, meski harus tertatih-tatih, akhirnya profesi ini saya geluti serius untuk menjadi jurnalis yang profesional. Tepat tahun 2008, saya milih hijrah dari Palu ke Mamuju untuk mengembankan koran Suara Sulbar. Namun usianya hanya setahun sehingga saat itu juga ikut memberanikan diri melamar di perusahaan BUMN LKBN Antara Biro Sulselbar. Bekerja di kantor berita negara ini cukup lama. Bahkan masyarakat Sulbar lebih akrab mengenal nama saya dengan sapaan Acho Antara alias A. Acho Ahmad AH. Selepas bekerja di LKBN Antara pada tahun 2017, saya pun mendirikan media online Mediasulbar. Com dibawah naungan PT Media Sulawesi Barat, sebagai jembatan untuk menyalurkan informasi, edukasi bagi masyarakat Sulbar. Kami bertekad kuat, kelak mediasulbar. com jadi referensi oleh pembaca berita guna kemajuan daerah di Tanah Malaqbi Mandar.. Wassalam..
error: Content is protected !!