Semangat Kebhinekaan, Disdikbud Sulbar Ciptakan Iklim Keamanan Sekolah

MAMUJU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Barat saat ini tengah melakukan upaya menciptakan iklim keamanan dan kebinekaan dalam lingkungan sekolah itu sendiri.

Hal ini terungkap saat Kepala Disdikbud Provinsi Sulawesi Barat, Dr.H.Mithhar, S.Pd, M.Pd, memberikan sambutannya dalam kegiatan Penguata. Iklim Keamanan Kebhinekaan dan Inkluisivitas SMA yang digelar di Aula Hotel Berkah, Mamuju, 29/11/2023.

Kegiatan yang diikuti Pengurus OSIS dari SMA se Propinsi Sulawesi Barat, tentu menjadi isu strategis ditengah meningkatnya indeks kekerasan yang menimpa beberapa sekolah di Indonesia termasuk di Sulbar.

Karena itu kata Mithhar, menjadi sangat penting bagi sekolah-sekolah untuk menjaga dan menciptakan iklim sekolah menjadi kondusif.

“Kita harus bisa memberikan layanan pendidikan yang baik sehingga sekolah kita melahirkan generasi muda yang unggul. Maka penting sekolah kita merawat kebhinekaan sebagai warisan leluhur kita, sehingga terhindar dari praktek kekerasan,” kata Mithhar.

Perkembangan teknologi informasi komunikasi yang sedemikian pesat, kebinekaan menghadapi tantangan yang tidak mudah. Paham-paham yang berpotensi merusak persatuan dan keutuhan bangsa dapat dengan mudah merasuk ke sendi-sendi kehidupan, tak terkecuali di sekolah.

“Saya berharap, peserta kegiatan yang menjadi perwakilan dari masing masing sekolah bisa menerapkan dan merawat kebhinekaan. Jangan karena perbedaan latar belakang, suku, agama dan ras menjadikan sekat, namun jadikan perbedaan itu menjadi pelecut kebersamaan dan persatuan kita,” terang Mithhar dihadapan peserta kegiatan ini.***

Penulis Acho
Editor Redaksi

 

 

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button