Skrining HIV, Penyakit Tidak Menular, & Promosi Kesehatan Untuk Pegawai & Warga Binaan

RutaNe_Info – Majene – Rutan Kelas IIB Majene kembali mengundang Puskesmas Banggae I Kab. Majene menggelar skrining atau pemeriksaan HIV, Penyakit Tidak Menular, & Promosi Kesehatan untuk Warga Binaan. (Senin, 27 Mei 2024)

Kegiatan yang berlangsung di Aula Prof. Baharuddin Lopa diawasi langsung oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan (Muh. Ikhsan) didampingi oleh petugas kesehatan Rutan Majene (Gazali, dr. Fajar, & Fitri).

Muh. Ikhsan menyampaikan jajarannya berupaya meningkatkan imunitas WBP dengan memberikan pembinaan jasmani. Pembinaan kerohanian juga tidak luput dari perhatian untuk memperkuat iman.

“Belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan HIV/AIDS secara total. Meningkatkan imunitas menjadi salah satu upaya untuk sembuh dari HIV/AIDS,” ungkap Ikhsan.

Sementara itu, Ummi Kalsum dari Puskesmas Banggae menyampaikan tidak menutup kemungkinan WBP mengalami atau terinfeksi HIV/AIDS. “Seperti kita, ketahui HIV/AIDS dapat menular dari cairan tubuh. Untuk itu, lebih diperhatikan kebersihan dengan tidak makan dan minum dari satu alat makan yang sama,” pesannya.

Hasil dari pemeriksaan penyakit menular HIV/AIDS kepada 115 WBP Rutan Majene menunjukkan tidak ada yang positif mengidap penyakit tersebut. Jika ke depannya ditemukan WBP dengan positif HIV/AIDS, maka petugas kesehatan Rutan Majene akan mengambil langkah awal dengan memberikan Antiretroviral, yaitu obat untuk mengurangi pertumbuhan virus. (mz)

Sementara itu, secara terpisah Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja mendukung upaya yang dilakukan oleh Jajaran Rutan Pasangkayu.

“Hal ini sebagai wujud komitmen dalam pelaksanaan program-program di Kementerian Hukum dan HAM” sambung salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham Yasonna itu.

#RutanMajene #Masarri #KanwilKemenkumhamSulbar #PamujiRaharja #Pemasyarakatan #DirJenPas #KemenkumhamRI

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button