Strategi Reforma Agraria dalam Menyejahterakan Masyarakat

Mamuju – Setelah UUPA 1960 disahkan 6 (enam) dasawarsa yang lalu, pelaksanaan Reforma Agraria masih terus berjalan. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai pengelola Pertanahan dan Tata Ruang di Indonesia, sigap untuk menangani program prioritas dalam Nawa Cita yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Upaya-upaya untuk mempercepat implementasi Reforma Agraria di Indonesia terus dilaksanakan.

“Kebijakan Reforma Agraria ini merupakan implementasi dari UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok–Pokok Dasar Agraria yang dilaksanakan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terdapat 2 (dua) isu besar di dalamnya, Reforma Agraria diharapkan dapat mengurangi ketimpangan tanah dan mengurangi kemiskinan. Untuk mencapai hal tersebut, antara lain dibutuhkan suatu strategi untuk dapat menyejahterakan masyarakat di Indonesia yaitu melalui penyerahan sertipikat tanah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan acara penyerahan sertipikat tanah kepada masyarakat Provinsi Sulawesi Barat, Rabu 22 September 2021. Total sebanyak 1771 sertipikat dari target 5000 sertipikat yang diserahkan kepada 100 orang perwakilan masyarakat di Provinsi Sulawesi Barat.

Acara ini dilaksanakan offline dan online secara serentak diseluruh Indonesia. Di Sulawesi Barat, dilakukan ditiga Kabupaten (Polewali Mandar, Majene, dan Mamasa) serta di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Barat. Penyerahan sertipikat diselenggarakan dengan peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan Pemberlakukan Pembatasan Kesehatan Masyarakat (PPKM).

Acara ini dihadiri secara daring oleh Bapak Presiden Joko Widodo, serta dihadiri secara langsung oleh Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, Bapak Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Barat dan Forkopimda di Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, Bapak Bupati Polewali Mandar di Aula Sipamandaq Kantor Balitbangren, Plt. Sekda Majene di Ruang Pola Kantor Bupati Majene dan Staf Ahli Bupati di Aula Pemkab Mamasa.

Rekomendasi Berita

Back to top button